Cek Fakta: Dikabarkan Politisi PDIP Rieke Diah Pitaloka Akui Dirinya Simpatisan PKI

- 29 Juni 2020, 13:14 WIB
CEK Fakta: Riek Diah Pitaloka Dikabarkan Akui Bahwa Dirinya Simpatisan PKI .*/Instagram @riekediahp

MANTRA SUKABUMI – Belum lama ini sebuah gambar hasil tangkapan layar beredar di media sosial Facebook yang memperlihatkan foto seorang politisi sekaligus anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka.

Gambar tersebut merupakan tangkapan layar dari salah satu media daring nasional dengan judul artikel “Rieke: Memang Saya PKI, ada yang salah?”

Gambar tangkapan layar tersebut diunggah oleh salah seorang pengguna Facebook dengan nama akun Armand Suhara yang diunggah pada Selasa, 23 Juni 2020 lalu.

Baca Juga: Cek Fakta: Beredar Foto Tommy Soeharto yang Disebut Dalang dari Aksi Demonstrasi 212

Baca Juga: Cek Fakta: Dikabarkan Ribka Tjiptaning Sebut Ibu Jokowi Ketua Gerwani PKI

Unggahannya tersebut kemudian dibagikan ulang oleh pengguna Facebook lain sebanyak 125 kali, dan terdapat enam komentar dari pengguna lain.

Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, unggahan dari pengguna Facebook Armand Suhara merupakan informasi salah.

Sebagaimana dilaporkan dalam unggahan akun Instagram Hoax Crisis Center Jawa Barat yang dikutip Tim Mantrasukabumi.com pada Sabtu, 27 Juni 2020 menerangkan bahwa unggahan tangkapan layar sebuah judul berita tersebut merupakan hasil suntingan atau editan.

Diketahui judul dari artikel yang sebenarnya adalah “Pilgub Jabar, Rieke Diah: Saya Siap Maju Kalau Instruksi Partai” yang terbit pada Jumat, 17 Maret 2017 silam yang ditulis oleh Jurnalis Mukhlis Dinillah.

Halaman:

Editor: Encep Faiz

Sumber: Hoax Crisis Center Jabar


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X