Bentuk Indonesia Investment Authority, Presiden Jokowi: Indonesia Akan Dapat Dana 20 Milliar USD

- 16 Januari 2021, 06:48 WIB
Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi. /- Foto : tangkapan layar kanal Youtube Sekretariat Kabinet RI

MANTRA SUKABUMI - Presiden membentuk Sovereign Wealth Fund (SWF) yang dinamakan dengan Indonesia Investment Authority (INA). 

Lembaga ini sangat diperlukan untuk memenuhi pembiayaan yang semakin besar ke depan, dan juga untuk menigkatkan FDI.

Salah satu tujuan dibentuknya INA ini adalah untuk menangkap peluang investasi yang akan datang ke Indonesia dan menjadi mitra strategis dalam bidang investasi.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Hadirkan ShopeePay di Gerai Usaha

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut yang tidak Mau Divaksin Covid-19 Merugikan Diri Sendiri dan Orang Lain

Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan dalam satu-dua bulan ke depan aliran dana senilai 20 miliar dolar AS ditargetkan masuk ke dalam Sovereign Wealth Fund nasional yang dinamakan Indonesia Investment Authority (INA).

Hal itu disampaikan Presiden saat memberikan sambutan dalam acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2021 melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat 15 Januari 2021 dikutip mantrasukabumi.com dari laman antaranews.com, Sabtu 16 Januari 2021.

"Tadi saya bisik-bisik ke Ibu Menteri Keuangan, awal-awal ini, mungkin sebulan-dua bulan ini, target yang masuk ke SWF kita berapa? Di jawab Menteri Keuangan, ya kira-kira 20 miliar US Dolar. Duit yang gede banget," ujar Presiden.

Presiden mengatakan pemerintah akan menyetorkan modal awal tunai sebesar Rp15 triliun dan saham BUMN Rp50 triliun, untuk INA.

Halaman:

Editor: Ridho Nur Hidayatulloh

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x