Siap-Siap, Program Kartu Prakerja Tahun 2021 Bidik 5,6 Juta Peserta

- 5 Februari 2021, 14:20 WIB
Cara dan Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12
Cara dan Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 /Tangkapan layar laman Kartu Prakerja/

MANTRA SUKABUMI – Program bantuan Kartu Prakerja adalah salah satu program bantuan yang dilanjutkan di tahun 2021. Diharapkan penerima manfaat dari program Kartu Prakerja tahun 2021 sebanyak 5,6 juta orang atau bahkan lebih.

Kepastian terkait dilanjutkannya program Kartu Prakerja ini disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam acara Mandiri Investment Forum 2021 pada Rabu, 03 Februari 2021.

“Anggaran perlindungan sosial sebesar Rp150,96 triliun untuk Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kartu sembako, kartu prakerja, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, bantuan sosial tunai bagi 10 juta KPM, subsidi kuota internet, dan diskon listrik,” ujar Menkeu pada laman resmi Kemenkeu pada Rabu, 3 Februari 2021.

Baca Juga: Kamu Senang Shopping? Coba Cari Tahu Tipe yang Manakah Kamu

Baca Juga: Inna Lillahi, Mantan Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif Sampaikan Kabar Duka: Selamat Jalan Kawan

Sedangkan Kepastian rencana anggaran untuk program Kartu Prakerja tahun 2021 itu disampaikan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara saat memberikan arahan pada Rapat Kerja Manajemen Pelaksana Program Kartu PraKerja, pada Kamis (4 Feb.).

“Pemerintah akan menaikkan anggaran program Kartu Prakerja menjadi Rp20 Triliun dari yang direncanakan Rp10 Triliun di Tahun 2021. Dengan demikian, besaran anggaran program di tahun 2021 menjadi sama dengan anggaran tahun 2020,” ujar Suahasil Nazara.

Disampaikan oleh Suahasil bahwa rencana kenaikan anggaran tersebut disebabkan adanya efek positif dari keberlanjutan program ini. Dengan besaran anggaran yang sama dengan tahun lalu, diharapkan penerima manfaat dari program ini juga sama atau bahkan meningkat. 

Dikutip mantrasukabumi.com dari laman resmi Kemenkeu pada 5 Februari 2021, Suahasil menyampaikan bahwa sebagai gambaran, di tahun 2020, dengan anggaran yang sama penerima manfaat program Kartu Prakerja sebanyak 5,6 juta orang.

Halaman:

Editor: Robi Maulana

Sumber: Kemenkeu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah