Ternyata ini Makna dan Filosofi Dibalik Uang Baru Rp75.000 Ribu

- 24 Mei 2021, 09:04 WIB
Ilustrasi uang.
Ilustrasi uang. /ANTARA/M Risyal Hidayat

MANTRA SUKABUMI – Uang Rp75.000 Ribu tergolong dalam uang baru, yang mana pada awal penerbitannya bertepatan dengan HUT Ke-75 Kemerdekaan Indonesia.

Pada awalnya Uang Rp75.000 Ribu ini, sebagai Uang Peringatan Kemerdekaan (UKP) dan hanya untuk koleksi saja yang tidak bisa dijadikan alat transaksi.

Akan tetapi, sekarang Uang Rp75.000 Ribu ini bisa dijadikan alat transaksi setelah disahkan oleh Bank Indonesia (BI) yang memberlakukannya, tidak hanya itu uang ini juga memiliki makna dan filosofi yang sangat dalam.

Baca Juga: Tak Disangka, Bahaya Daun Singkong Ternyata Dapat Sebabkan Pembuluh Darah Tersumbat dan 5 Penyakit Lainnya

Baca Juga: Ganjar Pranowo Tak Diundang Acara PDIP, Ferdinand Hutahaean Bandingkan Nasib Gubernur Jateng dengan Jokowi

Bagi masyarakat jangan hanya memiliki Uang Rp75.000 saja, yuk simak apa sih makna dan filosofi dibalik uang yang kini bisa digunakan untuk transaksi.

Sebagaimana dikutip mantrasukabumi.com dari situs resmi Bank Indonesia (BI) pada Senin, 25 Mei 2021, ternyata ini wujud makna dan filosofi dari uang pecahan Rp. 75.000 tahun emisi 2020.

Makna dan filosofi yang pertama yaitu sebagai wujud ungkapan mensyukuri atas kemerdekaan Indonesia, yang digambarkan melalui peristiwa pengibaran bendera di sisi depan uang tersebut.

Makna dan filosofi yang kedua dari uang kertas baru tersebut menyelipkan makna memperteguh kebhinekaan, diwakili dengan gambar anak-anak dari Sembilan daerah.

Halaman:

Editor: Abdullah Mu'min

Sumber: bi.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah