Daftar Kartu Pra Kerja, Ini Program Pelatihan yang Dapat anda Pilih

- 13 April 2020, 16:20 WIB
ILUSTRASI kartu pra-kerja.*
ILUSTRASI kartu pra-kerja.* /Prakerja.go.id

MANTRA SUKABUMI - Menyiasati dampak pandemi covid-19 sekaligus menjalankan program peningkatan sumber daya manusia, pemerintah membuat Program Kartu Pra Kerja yang dirilis secara resmi 20 Maret 2020.

Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya pekerja yang dirumahkan dan yang terkena PHK, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan sumber pekerjaan

Dalam hal ini pemerintah telah merencanakan sampai akhir 2020, akan ada lebih dari 30 gelombang pendaftaran dengan kuota peserta sebanyak 5,6 juta orang.

Setelah dibuka, kurang dari sehari setelah pendaftaran dibuka, Pendaftar Kartu Pra Kerja telah mencapai 1.432.133 orang.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat terdapat 73,85 % peserta terdaftar yang sudah lolos verifikasi email. Sementara peserta terdaftar yang sudah lolos verifikasi NIK sebanyak 43,65 % atau 624.090 orang. Peserta yang sudah mengambil program pelatihan atau join batch sebanyak 77.834 orang atau sebesar 5,43 % dari yang sudah terdaftar.

Baca Juga: Kamis 16 April 202, Pendaftaran Terakhir Kartu Pra Kerja Gelombang 1

“Kami melihat antusiasme ini sebagai refleksi dari ekspektasi publik yang sangat tinggi terhadap program Kartu Prakerja,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Minggu malam, 12 April 2020.

Menurut Airlangga, program ini mendahulukan masyarakat yang belum menerima berbagai bantuan sosial dari Pemerintah. Hal itu bertujuan supaya bantuan lebih merata.

“Prioritas atau fokus program Kartu Prakerja adalah pekerja yang dirumahkan dan yang terkena PHK, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan sumber pekerjaan. Menteri Ketenagakerjaan yang melakukan pendataan para Pekerja tersebut,” kata Airlangga. 

Ia pun memaparkan, lebih dari 900 pelatihan online dari beragam jenis dan tingkatan akan tersedia di 8 platform digital. Setengahnya adalah jenis pelatihan yang praktis, ringan dan dapat menghasilkan pendapatan baru.

Halaman:

Editor: Abdullah Mu'min

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x