Mengkhawatirkan, Ini Deretan Negara yang Masuk Jurang Resesi karena Covid-19, Indonesia Bagaimana?

- 25 Agustus 2020, 17:11 WIB
Ilustrasi Resesi Ekonomi
Ilustrasi Resesi Ekonomi /Pixabay

MANTRA SUKABUMI - Pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda seluruh dunia, hingga kini masih terus terjadi, bahkan di beberapa negara terjadi lonjakan kasus baru.

Selain memakan korban hingga jutaan dan telah menginfeksi puluhan juta, wabah Covid-19 juga menjadi pemicu jatuhnya perekonomian global.

Beberapa negara disebut sudah berada dalam jurang resesi akibat hancurnya perekonomian negara tersebut imbas dari Covid-19 ini.

Baca Juga: HP 1 Jutaan Xiaomi Redmi 8A Pro Ram 3Gb Baterai 5000 mAh, Cocok Untuk Pelajar dan Ojek Online

Sesuai teori, resesi akan terjadi bila Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product/ GDP) suatu negara, terkontraksi atau minus secara basis tahunan (Year on Year/ YoY) selama dua kuartal berturut-turut.

Diantara negara yang telah dilaporkan masuk ke jurang resesi hingga kini yaitu Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, Inggris, Polandia, dan Jerman. Selain itu juga ada Prancis, Spanyol, Austria, Belgia, Finlandia, Latvia, Lithuania, Belanda, Amerika Serikat, Meksiko, Skotlandia, dan Italia.

Dikutip mantrasukabumi.com dari rri.co.id berikut beberapa negara tetangga di Asia Tenggara yang dikabarkan masuk jurang resesi ekonomi:

Baca Juga: Waspada, Jangan Nikahi Wanita yang Memiliki 6 Sifat Ini

1. Malaysia
Malaysia mengalami resesi teknikal. Sesuai data dari Trading Economics, ekonomi tercatat -16,5% (Quarter to Quarter/ QtQ) pada triwulan kedua 2020. Di kuartal I, ekonomi sebelumnya -2%.

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: rri.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah