Pinjol Ilegal Semakin Meresahkan, Forum Pimred PRMN: Rentenir Online

- 16 Januari 2024, 15:27 WIB
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol.  Forum Pimred Pikiran Rakyat Media Network memberikan sikap terhadap semakin maraknya pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat.
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol. Forum Pimred Pikiran Rakyat Media Network memberikan sikap terhadap semakin maraknya pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat. /8//Antara/

MANTRA SUKABUMI - Pinjaman online atau pinjol ilegal semakin meresahkan di kalangan masyarakat. Banyak yang menjadi korban akiba terjerat pinjol tersebut.

Layanan pinjaman online ini tersedia secara daring melalui aplikasi berbasis digital. Individu maupun pebisnis bisa mengajukan peinjaman di manapun.

Proses penjaman secara digital ini dapat dikatakan lebih mudah dan cepat. Namun, tingkat bunga tinggi menjadi salah satu risiko yang harus ditanggung oleh peminjam.

Baca Juga: Mengenal Pinjaman Online dan Rentenir Online, Perbedaan Mendasar dalam Karakteristik dan Legalitas

Penyedia jasa pinjol menawarkan berbagai kemudahan dalam prosem meminjam uang, diantaranya dana cepat cair dan keamanan terjamin. Namun, tidak sedikit pula yang menerapkan praktek tak etis hingga bunga tinggi.

Laporan Otortas Jasa Keuangan menyebut, 17,31 Juta orang pinjam uang melalui pinjol dengan total utang Rp50,53 triliun per April 2023.

Belakangan, nilai rasa diksi ‘pinjol’ dengan berbagai variannya seperti ‘bank keliling’, ‘bank emok’, ‘kredit harian’, ‘pinjaman tanpa jaminan’, ‘pinjaman cepat’, atau berlindung dalam istilah ‘peer-to-peer lending’ menjadi lebih lunak dari makna sebenarnya.

Pemakaian berbagai istilah itu membuat ancaman di baliknya kian tersamar. Padahal, sejatinya pinjol ilegal adalah rentenir.

Rentenir jalan pintas tak berujung yang bikin cemas
Rentenir online.
Rentenir online.

Rentenir adalah entitas yang memberi pinjaman uang kepada individu atau pebisnis dengan tingkat bunga tinggi. Rentenir sering beroperasi di luar sektor perbankan resmi dan tidak diatur lembaga keuangan sah. Rentenir dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, termasuk individu, kelompok, atau lembaga bisnis kecil yang tidak punya lisensi untuk memberi pinjaman dana.

Halaman:

Editor: Encep Faiz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x