Menguntungkan, Begini Cara Bertani Lengkeng Agar Bisa Panen Setiap Bulan

- 22 September 2020, 20:55 WIB
Menguntungkan, Begini Cara Bertani Lengkeng Agar Bisa Panen Setiap Bulan
Menguntungkan, Begini Cara Bertani Lengkeng Agar Bisa Panen Setiap Bulan /Prompilove/.*/pixabay

MANTRA SUKABUMI – Buah lengkeng memang manis rasanya, ketika berbuah pohonnya indah dilihat, begitu juga dengan usahanya, pasti untung.  

Normalnya, pohon lengkeng akan berbuah pertama kali pada usia minimal 3 tahun setelah tanam. Namun, sering ditemukan pohon lengkeng yang tidak kunjung berbuah padahal umurnya sudah lebih dari 3 tahun, bahkan ada yang belasan hingga puluhan tahun.

Jangan putus asa apalagi terbawa oleh kabar yang tidak ilmiah alias mitos bahwa pohon lengkeng harus ditanam berjodoh.

Baca Juga: Lihat Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini untuk Sambut Gajian

Baca Juga: Lebih Berat dari Dosa Zina, Waspadai Ternyata Dosa Khusus ini Dihiasi Menjadi Indah oleh Jin

Tanaman lengkeng terbagi ke dalam 2 kelompok besar yaitu varietas golongan Temperate dan Non-Temperate. Temperate adalah golongan varietas lengkeng yang harus diberikan zat perangsang buah untuk dapat berbuah. Sedangkan golongan Non-Temperate adalah jenis pohon lengkeng yang tidak membutuhkan zat perangsang untuk berbuah.

Pohon lengkeng golongan Non-Temperate, umumnya berbuah secara alami pada musim buah. Sedangkan lengkeng yang golongan Temperate bisa berbuah kapan saja, tergantung pemberian zat perangsang buah/booster (atas izin Allah).

Produk Booster sekarang sudah banyak dijual secara terbuka (bukan rahasia lagi) di toko langsung maupun di toko online dengan berbagai jenis merk dan kemasan. Jika mencarinya di toko online, cukup ketik di mesin pencari dengan tulisan ‘booster lengkeng’ atau ‘perangsang lengkeng’.

Baca Juga: Berikut Hukuman Bagi Orang yang Suka Menunda-nunda Shalat, Nomor 4 Paling Ngeri

Jika sudah mendapatkan zat perangsang buah lengkeng tersebut, bacalah aturan penggunaannya secara baik dan teliti. Sebelum digunakan, pastikan pohon lengkeng dalam kondisi sehat. Idealnya sebelum tanaman lengkeng diberi zat perangsang buah, pastikan nutrisi nya dengan memberi pupuk utama yang banyak tersedia di toko pupuk.

Halaman:

Editor: Abdullah Mu'min


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x