Debat Perdana Capres Berpotensi Membuat Nilai Kurs Rupiah Menguat

- 30 September 2020, 10:35 WIB
ILUSTRASI kurs rupiah terhadap dolar AS.*
ILUSTRASI kurs rupiah terhadap dolar AS.* //ANTARA

MANTRA SUKABUMI - Akhir-akhir ini kurs atau nilai tukar uang khususnya rupiah kerap mengalami perubahan. Terkadang naik juga terkadang turun.

Sementara itu, nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di beberapa daerah, pada Rabu berpotensi menguat seiring debat perdana calon presiden di Amerika Serikat yang baru saja usai.

Pada pukul 9.46 WIB, rupiah menguat 35 poin atau 0,23% menjadi Rp14.860 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.895 per dolar AS.

Baca Juga: Merchant Baru ShopeePay Minggu ini Penuh dengan Fesyen dan Makanan Lezat

Baca Juga: Waspada, Jika Hewan Ini Muncul Segera Selamatkan Diri, Tsunami Dahsyat Segera Terjadi

Ariston Tjendra selaku Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures mengatakan, penilaian pasar terhadap debat capres AS tersebut akan mempengaruhi mata uang Garuda.

"Menurut saya bila terlihat ada potensi pergantian kepemimpinan di AS, pasar akan merespon positif dan aset berisiko termasuk rupiah bisa menguat," kata Ariston seperti dikutip mantrasukabumi.com dari ANTARA pada Rabu, 30 September 2020.

Disamping itu, data Indeks aktivitas manufaktur China pada September yang baru saja dirilis lebih bagus dari proyeksi bisa memberi sentimen positif ke aset berisiko pagi ini termasuk Rupiah.

"Dolar AS juga masih terlihat melemah pagi ini terhadap nilai tukar lainnya dan ini bisa menambah potensi penguatan rupiah terhadap dolar AS," kata Ariston.

Halaman:

Editor: Abdullah Mu'min

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x