Beredar Kabar WHO Sebut Kelamin Pria yang Besar sangat Rentan Terpapar Virus Corona, Ini Faktanya

- 22 Mei 2020, 02:40 WIB
BENDERA Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) .*/ANTARA FOTO

MANTRA SUKABUMI- Beredar narasi sebuah pernyataan yang disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa pria yang memiliki penis dengan ukuran besar sangat rentan terinfeksi virus Corona (COVID-19).

Bermula dari unggahan sebuah narasi melalui akun media sosial Facebook. Seorang pengguna Facebook tersebut dalam unggahannya mencantumkan link berita dari media BBC-News.us dengan judul artikel 'WHO: Pria berpenis besar lebih rentan tertular covid-19,'

Setelah ditelusuri terkait unggahan pengguna Facebook tersebut, ternyata informasi mengenai klaim yang disebutkan tadi masuk ke dalam kategori konten satire atau parodi atau lebih populernya berita hoaks.

Baca Juga: NASA Klaim Temukan Bukti Adanya Alam Semesta Kembar di Dalamnya Aneh karena Waktu Berjalan Mundur

Faktanya, narasi yang dimuat dalam media BBC-News.us adalah narasi yang salah. Link artikel dari BBC-News.us bukanlah berasal dari media mainstream BBC News.

Berdasarkan pantauan dari akun Instagram Jabar Saber Hoaks Kamis, 21 Mei 2020, menunggah foto berserta narasi untuk meluruskan informasi yang salah di atas.

Saat link yang dimuat dalam media sosial tersebut dibuka, muncul situs pembuatan berita hoaks bernama The Fake News Generator.

Pada bagian kanan situs tertulis 'You clicked this fake news story. Now Make your own!,' (Anda mengklik artikel berita hoaks. Sekarang buatlah berita hoaksmu sendiri!)."

Baca Juga: Ratusan Warga Tiongkok Pulang Gunakan Baju Pelindung Diri Dikarenakan Proyek di Indonesia Selesai

Halaman:

Editor: Encep Faiz

Sumber: Pikiran Rakyat Bekasi


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X