Ketegangan AS dan Tiongkok Picu Perang Dingin Baru, Wang Yi: AS Terburu-buru Stigmatisasi Tiongkok

- 25 Mei 2020, 15:14 WIB
Donald Trump. /New York Post

MANTRA SUKABUMI – Ditengah pandemi covid-19 AS dan Tiongkok semakin memanas, hubungan kedua negara saat ini semakin menegangkan.

Wang Yi, Menteri Luar Negeri Tiongkok tuding Amerika Serikat politiknya selalu mengarah pada sesuatu yang disebut Perang Dingin Baru.

Ketegangan kedua negara tersebut kian meningkat dipicu pandemi virus corona ditambah status Hong Kong, dan masalah lainnya.

Menurut Wang Yi bahwa Amerika Serikat sudah terinfeksi “virus politik” yang memaksa tokoh-tokoh di Washington terus menyerang Tiongkok.

Seperti dilaporkan AFP pada Minggu, 24 Mei 2020, Wang Yi mengatakan "Telah menjadi perhatian kami bahwa beberapa kekuatan politik di Amerika Serikat menyandera hubungan Tiongkok-Amerika Serikat dan mendorong kedua negara ke ambang Perang Dingin Baru”.

Ketegangan kedua negara tersebut sudah berlangsung lama terkait perdagangan, hak asasi manusia, dan isu-isu lain telah meningkat sejak pandemi virus corona.

Namun, Wang Yi tidak menyebut kekuatan apa yang dia maksud, tetapi Presiden Amerika Serikat Donald Trump berada di barisan terdepan dalam mengkritik langkah Tiongkok menangani pandemi virus corona.

Baca Juga: Beredar Kabar Indonesia Akan Di-lockdown Dunia karena Rakyatnya Bandel, Simak Faktanya

Donald Trump dan pemerintahnya mengatakan Tiongkok telah menutup-nutupi munculnya virus corona akhir tahun lalu.

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X