Cek Fakta: Tersiar Kabar Akibat Utang Indonesia Menumpuk, Bendera Tiongkok Bebas Berkibar di NKRI

- 27 Mei 2020, 06:20 WIB
BENDERA Tiongkok.* /THOMAS PETER/REUTERS

MANTRA SUKABUMI - Tersiar kabar di dunia maya yang menyebutkan dalam sebuah peresmian proyek di Maluku Utara menyebutkan bahwa Tiongkok bertindak semena-mena dengan memasang bendera Tiongkok di wilayah Indonesia.

Kabar tersebut didapat dari sebuah unggahan di media sosial Facebook oleh seorang pengguna dengan nama akun Ananda Naris.

Baca Juga: Dukung New Normal Life, Berikut Daftar Provinsi Kabupaten Kota yang Dijaga 340 ribu Aparat TNI/Polri

Pengguna Facebook Ananda Naris dalam unggahannya tersebut juga menuliskan sebuah narasi yang mengklaim karena utang Indonesia kian menumpuk terhadapa Tiongkok yang menjadi penyebab sikap smena-mena mereka itu.

Dengan kata lain, Indonesia di bawah pimpinan Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin, Tiongkok tidak merasa takut dan dapat mengibarkan bendera miliknya sesuka hati mereka.

Bahkan, untuk semakin meyakinkan disematkan pula tautan sebuah artikel dengan judul "Bendera China Berkibar di Maluku Utara Saat Peresmian Proyek" yang dimuat dalam salah satu pemberitaan nasional.

Baca Juga: Heboh Bus Pariwisata Parkir di Kawasan Pantai Karang Hawu saat PSBB, Padahal Jemput Pekerja

Berikut narasi lengkap yang dituliskan pengguna Facebook tersebut:
 
"Ya gmn lgi Indonesia utang nya bnyak sama China maka nya China GK takut sama pemerintah an skrng," demikian bunyi narasi yang diunggah pengguna Facebook Ananda Naris pada Sabtu, 23 Mei 2020.

Berdasarkan penelusuran dari situs resmi Kominfo RI, terdapat fakta yang berbeda dengan klaim narasi yang santer beredar dalam media sosial tersebut.

Halaman:

Editor: Encep Faiz

Sumber: Pikiran Rakyat Tasikmalaya


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X