Yaman Diprediksi Jadi Negara Terparah Terdampak Corona, Ini Alasannya

- 29 Juni 2020, 18:17 WIB
Anak Anak Yaman foto: UNICEF

 

MANTRA SUKABUMI - Virus corona melanda hampir di seluruh dunia, termasuk salah satu negara yang berada di wilayah Timur Tengah, yakni negara Yaman.

Hingga saat ini pandemi Covid-19 di Yaman begitu mengkhawatirkan, bahkan salah satu perwakilan PBB mengatakan saat ini Yaman membutuhkan hingga hampir 2,5 juta milyar dollar AS sampai akhir tahun 2020.

Dilansir dari media bbc.com Yaman diprediksi menjadi negara terparah yang terkena dampak Covid-19 karena beberapa alasan, diantaranya:

Baca Juga: Bantu Penanganan Virus Corona, Kementerian ESDM Gelontorkan Dana Sebesar Rp3,4 triliun

1. Perang Masih Terjadi

Sejak 2015, konflik di Yaman telah terjadi yang mengakibatkan jutaan orang hidup tanpa memiliki akses perawatan kesehatan yang layak, air bersih atau sanitasi - elemen penting dalam mencegah dan menekan penyebaran virus corona.

Selain itu, jalur-jalur distribusi diblokade oleh koalisi negara-negara yang dipimpin Arab Saudi dalam melawan pemberontak Houthi baik dari darat, laut, dan udara, sehingga bantuan makanan pokok serta obat-obatan menjadi terkendala.

Yang paling parah sehingga virus corona sulit dikendalikan adalah tidak adanya pemerintah pusat yang bertanggung jawab setelah pemberontak mengusir pemerintah keluar dari ibu kota ke wilayah selatan negara itu.

Baca Juga: Cek Fakta: Dikabarkan Politisi PDIP Rieke Diah Pitaloka Akui Dirinya Simpatisan PKI

Halaman:

Editor: Fauzan Evan

Sumber: BBC


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X