Tetap Digelar di Tengah Pandemi Covid-19, Jemaah Haji Gelombang Pertama Telah Tiba di Arab Saudi

- 26 Juli 2020, 05:30 WIB
CALON jemaah haji gelombang pertama telah tiba di Jedah pada Jumat, 24 Juli 2020 waktu setempat /hajinews.id/.*/hajinews.id

MANTRA SUKABUMI - Pemerintah Arab Saudi sebelumnya telah memutuskan untuk tetap menggelar ibadah haji di tengah pandemi Covid-19 dengan berbagai pertimbangan.

Ibadah haji pada tahun ini tetap digelar namun dengan jumlah yang dibatasi, sebagai upaya untuk menjaga agar tidak ada klaster baru terkait virus Covid-19.

Pemerintah Indonesia sendiri melalui Kementerian Agama memutuskan untuk tidak memberangkatkan calon jemaah haji pada tahun ini dengan alasan menjaga kesehatan calon jamaah dari paparan virus corona.

Baca Juga: Dinilai Tak Masuk Akal, Tiongkok Tetap 'Ngotot' Klaim 90 Persen Atas Perairan Laut China Selatan

Baca Juga: Saling Berebut Hegemoni atas Dunia, AS-China Diambang Konflik Bersenjata

Namun, ada beberapa negara tetap memberangkatkan calon jemaah haji pada tahun ini dengan kuota terbatas.

Melansir dari laman hajinews.id, pelaksanaan haji tahun ini hanya diikuti oleh sekitar 1.000 jemaah karena pandemi Covid-19. Otoritas Arab Saudi pun telah mengumumkan warga mukim dari 160 negara berbeda terpilih untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Dari total jemaah yang akan mengikuti haji tahun ini, sebanyak 70 persen adalah warga mukim yang tinggal di sana, sedangkan 30 persen lainnya merupakan penduduk asli Arab Saudi.

Untuk diketahui, Kementerian Dalam Negeri juga sudah melarang warga untuk memasuki lokasi haji (Mina, Muzdalifah, dan Arafat) terhitung sejak Senin, 20 Juli 2020 hingga Ahad 2 Agustus 2020 mendatang. 

Halaman:

Editor: Encep Faiz

Sumber: hajinews.id


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X