Usai Masjid Hagia Shopia di Istanbul Kini Turki Pulihkan Biara Sumela, Masjid Hagia Sofia di Trabzon

- 29 Juli 2020, 11:05 WIB
Biara Sumela di distrik Macka di provinsi Trabzon utara, Turki, 27 Juli 2020. (Foto DHA) /

MANTRA SUKABUMI - Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Selasa kembali memulihkan atau dibuka kembali Biara Sumela dan Masjid Hagia Sofia di provinsi Trabzon, Laut Hitam Turki melalui upacara konferensi video.

Biara adalah situs yang memiliki makna sejarah dan budaya yang unik dan daya tarik wisata utama. Itu dimasukkan dalam daftar sementara situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2000.

Rencana restorasi dan lingkungan untuk Biara Sumela, yang didedikasikan untuk Perawan Maria, diluncurkan pada Februari 2016.

Baca Juga: AS-Iran Tegang, Militer Iran Bermanuver Tembakan Misil ke Kapal Induk Tiruan AS Saat Latihan

Pekerjaan restorasi dihentikan sebentar karena kondisi cuaca yang buruk dan juga diterapkannya langkah-langkah untuk memerangi wabah virus corona di Biara Sumela, yang terletak di distrik Macka, pusat pariwisata religius utama di Turki.

Pekerjaan restorasi dilanjutkan sejak Mei. Itu dibuka kembali untuk pariwisata iman oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata pada 15 Agustus 2010, setelah jeda 88 tahun.

Menurut situs web UNESCO, Biara Sumela adalah kompleks biara yang dibangun di atas tebing curam setinggi 1.200 meter di Lembah Altındere.

Baca Juga: Bos PS Stroe Diciduk Pihak Bea Cukai, Usai Kedapati Selundupkan HP Ilegal

Pembangunannya dimulai pada 385 A.D. Berbicara pada upacara pembukaan, Erdogan mengatakan, "jika Turki tidak menghormati budaya yang berbeda, seperti yang diklaim oleh beberapa negara Barat, itu tidak akan memulihkan dan melestarikan artefak bersejarah seperti itu."

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: Daily Sabah


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X