Konflik China -India Masih Panas, Tiongkok Dorong Klaim Pangong, New Delhi: Mundur Belum Berakhir

- 31 Juli 2020, 15:15 WIB
Truk-truk tentara di Leh pada hari Kamis. (Foto: ANI) /

MANTRA SUKABUMI - Duta Besar Sun mengatakan “garis batas adat tradisional Tiongkok sesuai dengan LAC” di tepi utara danau. Dia menolak saran bahwa China telah memperluas klaim teritorialnya di Pangong Tso.

Mendorong klaim negaranya kepada Pangong Tso di mana pasukan China datang di 8 km barat dari titik yang menurut India menandai Garis Kontrol Aktual, Sun Weidong, duta besar Beijing untuk New Delhi, Kamis mengatakan "garis batas adat tradisional China sesuai dengan LAC ”di tepi utara danau.

Dia menolak saran bahwa China telah memperluas klaim teritorialnya di Pangong Tso.

Baca Juga: BLACKPINK akan Rilis Album Full-Length Pertama pada 2 Oktober 2020 Berjudul 'The Album'

Duta Besar membuat pernyataan ini menjelang perundingan putaran kelima antara Komandan Korps kedua pasukan, yang diperkirakan akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan.

Berbicara di webinar yang diselenggarakan oleh Institut Studi China, Sun mengatakan bahwa di tepi utara danau Pangong, “garis batas adat tradisional Tiongkok sesuai dengan LAC. Dan tidak ada kasus seperti China telah memperluas klaim teritorialnya. Tiongkok berharap bahwa pasukan India akan secara ketat mematuhi perjanjian dan protokol bilateral yang relevan antara kedua negara dan menahan diri dari secara ilegal melintasi LAC ke pihak China ”.

"Dengan upaya bersama dari kedua belah pihak, pasukan perbatasan telah melepaskan diri di sebagian besar daerah, situasi di lapangan semakin menurun dan suhunya turun," katanya.

Baca Juga: Uni Eropa Beri Sanksi pada Intelejen Rusia, Korut dan Perusahaan China Atas Tuduhan Serangan Siber

Menanggapi pernyataan duta besar, New Delhi mengatakan ada "beberapa kemajuan" tetapi proses pelepasan belum selesai.

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: The Indian Express


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X