86 Tahun Jadi Museum, Kini Ribuan Orang Hadiri Doa Bayram Pertama di Hagia Sophia

- 1 Agustus 2020, 13:25 WIB
Ribuan orang Turki hadiri Hagia Sophia untuk melaksanakan hari Qurban Bayram pertama.*(AA Photo) /

MANTRA SUKABUMI - Ribuan orang Turki yang setia menghadiri sholat berjamaah khusus di Masjid Agung Hagia Sophia pada hari Jumat untuk menandai dimulainya Qurban Bayram, juga dikenal sebagai Idul Adha.

Doa Bayram pertama di Hagia Sophia dalam 86 tahun dipimpin oleh kepala Kepresidenan Urusan Agama (Diyanet) Ali Erbas.

Ketua Parlemen Mustafa Sentop, Menteri Transportasi dan Infrastruktur Ali Karaismailoglu, Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya dan Walikota distrik Fatih Istanbul Mehmet Ergun Turan bergabung dengan umat beriman di Hagia Sophia.

Baca Juga: China Dukung Pemilihan Hong Kong Ditunda 'Perlu dan Masuk Akal', Pendukung Demokrasi Marah

Dikutip mantrasukabumi.com dari Daily Sabah bahwa telah datang dari seluruh negeri, ribuan orang memenuhi Hagia Sophia, serta jalan-jalan di sekitar landmark bersejarah di Istanbul.

Pada 10 Juli, pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum, membuka jalan untuk penggunaannya sebagai masjid.

Dua minggu setelah keputusan pengadilan, doa pertama di Hagia Sophia diadakan dengan dihadiri sekitar 350.000 orang, serta tokoh-tokoh politik top di Turki, termasuk Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Pada hari Jumat, umat Islam menandai dimulainya Qurban Bayram, liburan empat hari yang menandai berakhirnya ibadah haji dan perayaan keagamaan terpenting kedua setelah Ramadhan Bayram, juga dikenal sebagai Idul Fitri.

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: Daily Sabah


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X