Yang Perlu diketahui tentang Virus Corona. Menurut Heri Zuniar, S.Kep.,Ners

- 21 Maret 2020, 12:05 WIB
Heri Zuniar,S.Kep.,Ners (Petugas promosi kesehatan puskesmas pal ratu) .*(foto istimewa)

Mantrasukabumi.com - Virus Corona atau covid19 merupakan sebuah virus yang mudah menular. Cara penularan virus tersebut yaitu melalui cairan kecil yang dikeluarkan lewat mulut atau hidung dengan proses penularannya secara langsung ke wajah atau melalui tangan yang habis memegang sesuatu ataupun benda.

Virus tersebut tidak menetap diudara tetapi menempel dipermukaan benda. Virus ini bisa bertahan hingga 12 jam diluar tubuh mnusia atau di benda-benda sekitar, sehingga penyebaran virus tersebut bisa menyebar secara luas sehingga menjadi sebuah pandemi.

Baca Juga: Pohon Bambu di Bojongkokosan Sukabumi Runtuh ke Jalan, Arus Lalin Tersendat

Ciri-ciri orang yang terserang virus covid-19 diantaranya demam, batuk pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu. Pada kasus COVID-19 yang berat dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian. Tanda-tanda dan gejala klinis yang dilaporkan pada sebagian besar kasus adalah demam, dengan beberapa kasus mengalami kesulitan bernapas, dan hasil rontgen menunjukkan infiltrat pneumonia luas di kedua paru.

Pada dasarnya, virus tersebut bisa hilang dengan sendirinya, bahkan orang dengan imunitas tinggi 90% bisa sembuh setalah 14 hari. Akan tetapi bagi sebagian orang dengan lanjut usia atau dengan penyakit seperti jantung, diabetes, ginjal, paru-paru, bronkhitis, asma akan mengalami dampak yang serius bahkan kematian.

Baca Juga: Hujan Deras, Tebing di Cibadak Longsor 6 Rumah Terancam

Sehingga, hal yang perlu kita lakukan untuk mencegah wabah virus corona yaitu :

1. Selalu meningkatkan imun tubuh dengan cara ; makan yang bergizi (terutama sayuran dan buah-buahan), istirahat yang cukup, lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari.

2. Lakukan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara ; selalu cuci tangan menggunakan sabun setelah beraktivitas atau setelah memegang sesuatu (termasuk setelah bersalaman).

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: Kemenkes RI


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X