Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Akan Akibatkan Bibir Sumbing pada Bayi Kita

- 27 Oktober 2020, 19:52 WIB
Ilustrasi bayi. /Unsplash /@irinamurza


MANTRA SUKABUMI – Labiopalatoskisis atau bibir sumbing adalah celah bibir dan langit-langit, cleft lip and palate (CLP), merupakan kelainan kongenital kraniofacial yang disebabkan oleh gangguan perkembangan wajah pada masa embrio.

Penyebab pasti bibir sumbing agak sulit dipastikan, tapi kemungkinan karena faktor keturunan dan lingkungan saat sedang hamil.

Adapun Penyebab lain dari bibir sumbing bisa jadi disebabkan oleh faktor eksternal, yakni dari gaya hidup orangtua, dan faktor internal yang berasal dari genetik.

Baca Juga: Hari Ini! Shopee Gajian Sale Hadirkan Gratis Ongkir, Cashback 100%, dan Flash Sale 60RB!

Baca Juga: Mudahnya Transfer Saldo ShopeePay, Ikuti 5 Langkah Ini

Tidak hanya itu, faktor penyebab bayi berbibir sumbing adalah kebiasaan sehari-hari orang tua, dikutip mantrasukabumi.com dari berbagai sumber yaitu sebagai berikut:

1. Merokok

Jika tidak ingin bayi lahir dengan bibir sumbing, maka hentikan kebiasaan buruk ini, tidak hanya itu, kebiasaan merokok bisa memicu hal buruk lainnya pada tubuh ibu hamil dan janinnya.

Kelainan ini bisa dialami bayi dengan ibu yang tidak hanya perokok aktif tapi juga ibu yang menjadi perokok pasif atau sering terpapar asap rokok.

2. Mengkonsumsi obat-obatan

Halaman:

Editor: Encep Faiz


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X