Contoh Materi Khutbah Salat Idul Fitri di Rumah, Singkat Hanya 7 Menit

- 23 Mei 2020, 02:30 WIB
Ilustrasi Shalat Idul Fitri Berjamaah Sebelum Ada Pandemi .*/nu.or.id

MANTRA SUKABUMI – Satu hari lagi umat Muslim menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini, esok hari seluruh umat Muslim dunia termasuk Indonesia akan menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Pemerintah Indonesia melalui hasil sidang Isbat yang dilaksanakan Jumat, 22 Mei 2020, menentukan bahwa 1 Syawal dan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020 besok.

Seperti kita ketahui, pada Ramadan tahun ini kita melaksanakan ibadah puasa di tengah pandemi Corona yang melanda dunia.

Baca Juga: Beredar Kabar Jokowi Siap Pindah Jadi Warga Negara Singapura, Berikut Faktanya

Selama Ramadan, segala bentuk aktivitas ibadah yang biasa dilakukan di masjid dialihkan ke rumah masing-masing, termasuk pelaksanaan salt Idul Fitri.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari meluasnya peneluaran virus corona ditengah wabah yang terjadi saat ini, Pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia telah menganjurkan umat Islam untuk melaksanakan Salat Idul Fitri dirumah saja.

Pelaksanaan Salat Idul Fitri berjamaah dirumah ini minimal diikuti oleh 4 orang, satu orang bertugas sebagai Khatib dan Imam, tiga orang lainnya sebagai makmum.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Medan Magnet Bumi Melemah, Bisa Picu Malapetaka pada Pesawat Ruang Angkasa

Tata cara Salat Idul Fitri sama sebagaimana yang telah disyariatkan ya kni 2 Rakaat. Rakaat pertama dilakukan Takbiratul Ihram sebanyak 7 kali dan pada rakaat kedua takbir 5 kali. Setelah itu dilanjutkan dengan khutbah singkat.

Halaman:

Editor: Encep Faiz

Sumber: Jurnal Presisi PR


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X