6 Pelajaran Hidup yang Dapat Diajarkan dari Makna Puasa Kepada Anak-anak yang Perlu Diketahui Orangtua

- 2 April 2023, 18:39 WIB
Ilustrasi - 6 Pelajaran Hidup yang Dapat Diajarkan dari Makna Puasa Kepada Anak-anak yang Perlu Diketahui Orangtua
Ilustrasi - 6 Pelajaran Hidup yang Dapat Diajarkan dari Makna Puasa Kepada Anak-anak yang Perlu Diketahui Orangtua /Mantra Sukabumi /monstera/pexels

MANTRA SUKABUMI – Puasa merupakan rukun Islam yang ke-3 setelah mengucap dua kalimat syahadat dan mendirikan Sholat. Setiap umat Islam diwajibkan untuk berpuasa pada bulan Ramadhan selama 1 bulan penuh.

Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi masih banyak juga yang perlu kita jaga. Seperti, menahan hawa nafsu, sholat lima waktu, beribadah untuk meningkatkan keimanan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, kebaikan dan kasih sayang bagi umat Islam.

Setiap umat Islam memiliki cara tersendiri dalam beribadah dan mendapatkan pahala pada bulan Ramadhan, karena setiap orang memiliki cara dan kemampuan masing-masing dan memiliki tujuan yang sama yaitu mencari ridho Allah selama bulan Ramadan.

Baca Juga: Praktis, Cocok untuk Menu Buka dan Sahur Anak Kost, Ini Resep Olahan Telur Sajian Sederhana di Bulan Ramadhan

Selain beribadah, ada makna atau pembelajaran yang dapat kita ambil selama berpuasa pada bulan Ramadhan dan bisa kita berikan pembelajaran terhadap anak-anak kita tentang makna yang terdapat pada saat berpuasa bagi kehidupan kita.

1. Ibadah Tidak Hanya Sholat dan Puasa

Pada saat bulan Ramadhan, masih banyak ibadah yang bisa kita lakukan selain puasa dan Sholat, salah satunya membantu orang tua dan orang-orang yang membutuhkan bantuan kita. Puasa bukanlah menjadi satu alasan kita untuk beraktifitas seperti biasanya, karena apa yang kita lakukan selama bulan Ramadhan dan pada saat berpuasa pasti memiliki nilai ibadah.

2. Mengontrol Amarah

Jika seseorang berpuasa maka wajib bagi dia untuk menjaga amarahnya, karena itu dapat mengurangi nilai ibada puasanya. Amarah dapat diartikan agar seseorang tidak mudah terpancing dan marah. Jadi selama berpuasa kita dituntut untuk lebih bersabar diri, dan tentunya setelah bulan Ramadhan sifat meredam amarah ini bisa kita bawa ke kehidupan selanjutnya.

Halaman:

Editor: Ade Saepul Akbar


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x