'MIRIS' Lahan Sawah di Sukabumi Semakin Sedikit, Rawan Pangan di Depan Mata

- 6 Juli 2020, 21:19 WIB
Lahan Sawah /*/Photo: Fauzan Evan

MANTRA SUKABUMI - Lahan pertanian khususnya sawah di Kabupaten Sukabumi semakin berkurang dan beralih fungsi.

hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat seusai menggelar Rapat Dinas Evaluasi Komando Strategi Pembangunan Pertanian Daerah (Kostrada) Kabupaten Sukabumi di Gedung Olahraga Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Senin 6 Juli 2020.

"Iya betul, saat ini ada banyak lahan sawah yang beralih fungsi dan lumayan cukup luas," ujarnya.

Baca Juga: Hujan Deras Sebabkan Longsor, Timbun 3 Hektare Sawah Warga di Cisolok

Sudrajat menjelaskan, dari laporan yang diterima dirinya ada sekitar 9.692 hektar lahan sawah yang tereleminasi atau beralih fungsi di Kabupaten Sukabumi.

 "Dari laporan yang masuk lahan sawah yang tersisa di Kabupaten Sukabumi sekitar 56.873 hektare, 9.692 hektar sudah beralih fungsi, sementara target panen dan target tanam terus bertambah," bebernya.

Padahal kata Sudrajat, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah mengingatkan tentang bahaya rawan pangan yang mungkin terjadi pada akhir tahun ini, sehingga pihaknya akan terus berupaya memaksimalkan lahan yang ada dengan percepatan tanam.

Baca Juga: Sejumlah Pimpinan DPD Tolak RUU HIP, Ini Naskah Rekomendasi Penolakannya

"Pak Presiden telah mengingatkan terkait kerawanan pangan yang mungkin bisa terjadi, oleh karena itu untuk mengantisipasi hal teraebut, sejak bulan Mei kami terus menyisir seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi untuk percepatan tanam dan akan memaksimalkan lahan yang ada," pungkasnya.**

Editor: Fauzan Evan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X