Indonesia Masuk Daftar Negara Dengan Kekuatan Militer Terkuat di Dunia, Berikut Posisinya?

- 29 Mei 2020, 14:53 WIB
Kapal perang TNI AL sedang melakukan latihan perang di laut Jawa /ANTARA Bowo Sucipto

MANTRA SUKABUMI – Saat ini ancaman tidak hanya pandemi virus corona saja yang terkait dengan kesehatan, tetapi ancaman terhadap bidang ekonomi, politik, pendidikan, sosial dan tatanan kebangsaan secara global.

Krisis pertahanan dan kemananan negara pun menjadi sangat penting disaat pandemic yang belum juga usai sehingga bisa memicu ketegangan antar negara yang sebelumnya pernah terjadi.

Seperti terjadinya konflik Laut China Selatan, ketegangan suhu politik di Hongkong, dan semacamnya. Itu semua terjadi, termasuk termasuk saling tuduh terkait virus corona antara Amerika Serikat dengan Tiongkok.

Hal tersebut membuat negara-negara tetap mengonsolidasi kekuatan tempurnya untuk mengantisipasi setiap potensi ancaman terhadap negaranya.

Lantas, negara mana yang memiliki armada tempur terkuat di dunia? Global Fire Power, sebuah lembaga analis pertahanan dan keamanan pada 2019 melakukan pemeringkatan kekuatan militer sejumlah negara di dunia.

Baca Juga: Tiongkok Resmikan Undang-undang Keamanan Hong Kong di Sambut Tepuk Tangan MeriahBaca Juga: Tiongkok Resmikan Undang-undang Keamanan Hong Kong di Sambut Tepuk Tangan Meriah

Daftar 2019 Military Strength Ranking atau peringkat Kekuatan Militer 2019 milik GFP mengacu pada lebih dari 55 faktor untuk menetapkan skor indeks kekuatan (Power Index) ke 137 negara –ditambah Moldova 2019 ini.

Pemeringkatan tersebut menilai keragaman alutsista masing-masing negara dan memberikan perhatian khusus pada para prajuritnya. Termasuk di dalamnya penilaian segi geografis, kapasitas logistik, sumber daya alam yang tersedia, dan status industri lokal juga dipertimbangkan.

Berikut ini 10 besar negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia versi Global Fire Power:

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: Portal Jember (PRMN)


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X