Beredar Foto Megawati Soekarnoputri Sedang Memotong Tumpeng di atas Meja Berlogo PKI, Simak Faktanya

- 29 Mei 2020, 20:55 WIB
Foto tangkapan layar Megawati sedang potong kue di atas meja berlogo bendera PKI merupakan informasi palsu

MANTRA SUKABUMI - Beredar Foto yang memperlihatkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sedang memotong tumpeng di atas meja berlogo PKI.

Postingan tersebut diunggah di akun facebook Jarjit Khan pada Jumat 29 Mei 2020. Dalam gambar itu seolah-olah PKI kembali muncul ke permukaan publik.

"Nah lo," tulis akun Jarjit Khan.

Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 51 emotikon, 233 komentar dan 7 kali dibagikan.

Dari penelusuran kami, klaim bahwa foto memperlihatkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sedang memotong tumpeng di atas meja berlogo PKI, adalah salah. Faktanya, foto itu kabar bohong lama yang kembali muncul di tengah masyarakat.

Baca Juga: Waspadai Penyaluran BLT, Kemendes akan Beri Sanksi Desa Terdampak yang tidak Salurkan BLT

Merujuk situs cek fakta Turnbackhoax.id, foto ini sempat beredar pada awal 2017. Foto ini dipastikan editan.

"Menurut penelusuran Fanpage Indonesian Hoaxes, foto Presiden Joko Widodo dan Mantan Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri memotong tumpeng di atas meja berlogokan PKI adalah rekayasa foto," tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya pada Senin 20 Februari 2017.

Dilansir satuharapan.com, foto itu merupakan momen perayaan ulang tahun ke-41 PDIP di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat 10 Januari 2014. Megawati melakukan pemotongan tumpeng dan dibagi-bagikan kepada sejumlah tokoh PDIP.

Di antaranya Joko Widodo (Jokowi) yang saat itu belum menjadi Presiden RI, Puan Maharani, dan Tjahjo Kumolo. Berikut keterangan foto selengkapnya:

Baca Juga: Dijadwalkan Tiba di Indonesia Akhir Juni 2020, Ketua MPR RI: Kaji Ulang Datangkan 500 TKA Asal China

Klaim bahwa foto memperlihatkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sedang memotong tumpeng di atas meja berlogo PKI, adalah salah. Faktanya foto itu kabar bohong lama yang kembali muncul di tengah masyarakat.

Informasi ini masuk kategori manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

Foto asli tangkapan layar Megawati Soekarnoputri sedang memotong kue
Foto asli tangkapan layar Megawati Soekarnoputri sedang memotong kue

**

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: turnbackhoax.id


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X