Beredar Kabar, Jokowi Disebut Presiden Pertama Tak Ucapkan Pidato Hari Raya, Simak Faktanya

- 30 Mei 2020, 11:22 WIB
HOAKS klaim baru di era Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang disebut tidak ada ucapan selamat hari raya Idulfitri dari Presiden.* /Hoax Crisis Centre Jawa Barat

MANTRA SUKABUMI - Beredar di media sosial seorang pengguna Facebook membuat unggahan yang mengklaim baru di era Presiden Joko Widodoatau Jokowi tidak ada ucapan selamat hari raya Idulfitri dari Presiden.

Pada unggahannya juga disertakan perasaan heran pengunggah tersebut karena Indonesia memiliki penduduk dengan mayoritas beragama islam.

Penggunggah juga menutup narasinya dengan nada bertanya dan ditambahkan tanda tanya di akhir kalimat.

Lebih detailnya narasi yang disebarkan dalam Facebook sebagai berikut:

“Baru di era rezim sekarang di negeri yg mayoritas penduduknya muslim, tidak ada pidato ucapan selamat hari raya dari presiden...???,” demikian bunyi narasi yang diunggah pada Rabu, 27 Mei 2020.

Baca Juga: Jatim Jadi Sorotan Alami Lonjakan Pasien Corona, 5 dari 135 Tenaga Medis Terinfeksi Meninggal

Setelah ditelusuri dari Hoax Crisis Center Jabar, terdapat fakta yang berbeda dari klaim narasi yang beredar dalam media sosial.

Pada faktanya, penelusuran Google dengan berbagai kata kunci membawa pada sejumlah pemberitaan nasional yang membahas tentang pidato ucapan hari raya idul fitri dari Presiden Jokowi tersebut.

Salah satunya adalah artikel yang diunggah pada 24 Mei 2020 yang menjelaskan tentang Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah yang jatuh pada Ahad 24 Mei 2020.

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: Pikiran Rakyat Cirebon


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X