Nenek Usia 105 Tahun Sembuh dari Virus Corona, Simak Rahasia Kesembuhannya

- 4 Juni 2020, 06:22 WIB
Tangkapan layar dari data yang disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim tentang nenek Kamtin (kanan) yang berusia 100 tahun, setelah dinyatakan sembuh dari covid-19, saat ditampilkan di Gedung Negara Grahadi, di Surabaya, Jumat 29 Mei 2020 malam. /ANTARA/Gugus Tugas Covid-19 Jatim

MANTRA SUKABUMI - Nenek Kamtin adalah salah satu pasien virus corona yang sembuh  merupakan pasien tertua.

Nenek Kamtin yang sudah berumur 105 tahun asal Surabaya sempat menjadi topik utama dari berbagai media cetak dan media online di Jawa Timur.

Kabar kesembuhannya menjadi secercah harapan bagi orang-orang terutama bagi pasien covid-19 karena usaha yang dilakukan bisa mendapatkan kesembuhan.

Bahkan, kesembuhan nenek yang beralamat di Dusun Gendong perbatasan Surabaya-Gresik atau tepatnya di kawasan PPI Surabaya itu langsung diumumkan orang nomor satu di Jawa Timur, yakni Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang juga menjabat Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, sebagaimana dikutip dari Antara news.com.

"Nenek Kamtin ini seorang survivor COVID-19 tertua di Indonesia," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Baca Juga: Beredar Kabar Luhut Binsar Pandjaitan Meminta Petani Setop Tanam Sayur demi Tiongkok, Ini Faktanya

Tak pelak, usai pengumuman kesembuhan nenek kelahiran 1920 itu langsung menjadi daya tarik tersendiri dan perhatian media setempat hingga beritanya menempati halaman utama. Hal ini wajar, sebab wilayah Surabaya kini memasuki zona hitam pekat dengan jumlah kasus positif lebih dari 1.000 kasus.

Lantas, apa rahasia kesembuhan nenek yang awalnya menderita sakit batuk dan demam pada 13 April 2020 tersebut?.

Salah satu dokter spesialis paru Rumah Sakit Port Health Centre (PHC) atau RS Pelabuhan Surabaya, yang menangani nenek Kamtin, dr Tjipto Wibowo, SpP menceritakan bahwa perjuangan nenek Kamtin untuk sembuh dari COVID-19 cukup kuat, bahkan menyisakan sejumlah cerita inspiratif.

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: antaranews


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X