2022 HUT RI ke berapa? Inilah Filosofi Logo 17 Agustus Lengkap Beserta Maknanya

- 14 Agustus 2022, 17:10 WIB
Logo HUT RI ke 77.
Logo HUT RI ke 77. /kemensetneg/



MANTRA SUKABUMI - Berikut kami sajikan informasi mengenai filosofi logo dan makna logo HUT RI atau HUT RI ke-77.

Hari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya dan dimana setiap tahunnya pemerintah wajib mengeluarkan Logo Resmi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Logo resmi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya memiliki makna dan filosofi yang berbeda.

Dikutip mantrasukabumi.com melalui laman ristekdikti.go.id pada Minggu, 14 Agustus 2022, berikut filosofi logo dan makna logo HUT RI 2002.

Baca Juga: Deretan Film Sejarah Indonesia untuk Tontonan pada HUT RI 2022, dari Bumi Manusia hingga Perburuan

Filosofi Logo 17 Agustus 2022

Mengutip dari situs Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensetneg) yang mengumumkan Logo 17 Agustus 2022 pada 12 Juli 2022, ditemukan bahwa Tema Besar HUT RI ke-77 adalah “Sembuh Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat ".

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 yang diterbitkan pada 12 Juli 2022.

Surat edaran tersebut memuat tema, logo dan mengajak semua pihak untuk turut serta memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Logo resmi secara sah digunakan sebagai identitas Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77.

Logo resmi HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia memiliki dua variasi warna, antara lain Merah dan Putih.

Logo Resmi HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia
Mengutip Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, kami menemukan Karakter Visual yang mencerminkan optimisme sebuah bangsa yang dinamis, sinergis, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global.

Pencerminan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat” menuju Indonesia yang maju.

Dalam visual karakter yang telah diterbitkan, terdapat filosofi yang sangat bermakna dalam HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Berikut ini adalah makna filosofis yang terkandung dalam Logo:

Baca Juga: 10 Lagu Bertema Kemerdekaan, Untuk Diputar Saat Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2022

1. Dua Panah ke Atas (Percepatan dan Gerakan)

Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas yang melambangkan gerakan akselerasi dalam memperbaiki kondisi Indonesia agar lebih cepat pulih dan bangkit lebih kuat.

2. Dua Anak Tangga (Progres dan Pembangunan)

Dua garis horizontal membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan kemajuan dan perkembangan semua sektor di Indonesia.

3. Bagian Atas Terpotong (Demokrasi dan Keterbukaan)

Bagian atas yang terpotong melambangkan keterbukaan masyarakat Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak bebas dan aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Garis Miring dan Sudut Runcing (Semangat Perjuangan dan Garuda Pancasila)

Garis miring dan sudut tajam yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila melambangkan semangat para pejuang untuk bangkit lebih kuat dan lebih tangguh.

5. Dua Garis Lengkung (Sinergi dan Harapan)

Dua garis lengkung melambangkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam bekerja sama dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

6. Sudut Penghubung (Penghubung antar Bangsa)

Sudut penghubung melambangkan peran Indonesia dalam forum G20 dalam menyatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi memecahkan berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi dunia.

7. Siluet Angka Satu (Persatuan Indonesia)

Siluet angka satu melambangkan semangat Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Baca Juga: Apa tema HUT RI ke 77? Berikut Logo, Makna Filosofis, Serta Ucapan Selamat untuk Merayakannya

Pada logo resmi Peringatan 17 Agustus 2022 berupa angka 77, juga tertulis tema besar Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di sebelah kanan angka 77.

Logo resmi tanggal 17 Agustus 2022 dan tema HUT RI ke-77 secara visual tergabung dalam slogan HUT RI. Kemerdekaan 17 Agustus 2022.

Makna Tema Besar HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia

Hal penting di balik Tema Besar HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat” adalah peristiwa yang telah kita alami selama kurang lebih dua tahun.

Indonesia menghadapi tantangan dan ujian sejarah. Kecemasan sosial atas tekanan ekonomi yang berat dirasakan oleh masyarakat Indonesia di seluruh pelosok tanah air.

Namun di tengah keterpurukan, seluruh elemen bangsa bergerak bersama dan bahu membahu mewujudkan harapan.

Bersama-sama, kita akan melihat bagaimana pemerintah dan gerakan masyarakat sipil bekerja sama untuk mencapai percepatan pemulihan di semua sektor dan siap menghadapi tantangan global.

Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun ini mencerminkan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika menyatukan kita dalam menghadapi tantangan yang ada.

Landasan negara yang membimbing kita agar cepat pulih bersama agar kita siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.

Baca Juga: Sambut Hari Kemerdekaan Indonesia dengan Deretan Lomba 17 Agustus yang Menarik dan di Jamin Seru

Gambaran Besar Makna Identitas Visual Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77

Berikut gambaran besar identitas visual HUT RI ke-77 berdasarkan tema besar yang diangkat:

1. Semangat Bangkit
2. Bersinergi
3. Harapan Baik
4. Pulih Bersama
5. Kuat
6. Persatuan Bangsa
7. Percepatan

Demikian ulasan dan penjelasan Identitas Visual HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia beserta Tema Besar dan Makna Filosofisnya, mari kita rayakan HUT RI ke-77 bersama-sama.

Untuk mengakses Visualisasi Logo, Anda dapat mengklik link di bawah ini

Klik Disini -> Filosofi dan Visualisasi Logo: HUT ke-77 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Editor: Azka Jauhar Kamila

Sumber: ristekdikti.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x