Bantu Penanganan Virus Corona, Kementerian ESDM Gelontorkan Dana Sebesar Rp3,4 triliun

- 29 Juni 2020, 10:31 WIB
MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.* ANTARA

MANTRA SUKABUMI - Pandemi virus corona masih melanda Indonesia dan juga masih menjadi prioritas dalam penanganannya yang dilakukan pemerintah.

Hal tersebut mendorong Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) turut melakukan penghematan atau realokasi dan refocusing anggaran untuk tahun 2020.

Realokasi dan refocusing anggaran 2020
sebesar Rp3,4 triliun yang mana dalam penyesuaian pagu tersebut diperuntukkan untuk membantu penanganan virus corona.

Baca Juga: Pria Muslim Gugat Perusahaan karena Lakukan Diskriminasi, Larang Salat 5 Waktu di Tempat Kerja

"Sesuai Keputusan Menteri Keuangan Nomor 154/KMK.02/2020, kalau sebelumnya pagu awal APBN sebesar Rp9,6 triliun, dilakukan pemotongan (dana COVID-19) dan penyesuaian badan layanan umum atau BLU sehingga pagu akhir (Kementerian ESDM) setelah penyesuaian sebesar Rp6,2 triliun," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin, sebagaimana dikutip mantrasukabumi.com.

Penghematan anggaran ini, sambung Arifin, merupakan bagian dari pemotongan belanja seluruh Kementerian dan Lembaga sebesar Rp145,7 triliun.

Salah satunya menyasar kepada perluasan jaring pengaman sosial berupa pemberian diskon listrik untuk rumah tangga 450 VA dan 900 VA tidak mampu serta UMKM golongan B-1 450 VA dan I-1 450 VA.

Baca Juga: Wifi Portable Terbaik 2020, Dengan Dukungan Jaringan 4G LTE

Arifin menguraikan, kriteria pemotongan anggaran di Kementerian ESDM diperuntukkan untuk belanja barang seperti perjalanan dinas, paket pertemuan, biaya rapat hingga honorarium.

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: antaranews


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X