Jenis dan Fungsi Simpul Dalam Pramuka

- 14 Agustus 2020, 17:05 WIB
Logo Pramuka.*
Logo Pramuka.* /PRFMNEWS

MANTRA SUKABUMI - Kegiatan anggota pramuka diantaranya adalah berkemah. Dalam kegiatan tersebut akan dihadapkan dengan keahlian memasang tanda. Dalam pemasangan tenda sendiri, dibutuhkan kemampuan dan pengetahuan mengenai teknik tali temali atau disebut juga simpul, untuk mengikat antara tiang satu dengan tiang yang lainnya.

Pengenalan jenis dan fungsi simpul harus menjadi pengetahuan dasar. Sebagaimana dikutip mantrasukabumi.com dari bukubiruku.com berikut ulasan terkait jenis dan fungsi simpul.

Dikalangan kita, di negara Indonesia tali temali, simpul dalam pramuka lebih dikenal dengan sebutan, simpul hidup, simpul mati, simpul pangkal, simpul laso, simpul jangkar.

Baca Juga: Cara Memakai Dasi Pramuka Untuk Anggota Baru, Begini caranya

Pertama simpul hidup, fungsinya untuk mengikat suatu benda dengan kuat, tapi untuk melepasnya tidak susah, tali temali simpul ini biasanya digunakan untuk mengikat hewan.

Dalam Pramuka simpul hidup ini berfungsi untuk mengikat tiang.

Dua simpul mati, adalah simpul yang biasanya digunakan untuk mengakhiri suatu simpul. Walaupun simpul ini terlihat mudah dalam membuatnya, namun banyak juga yang salah dalam membuatnya. Simpul Ini berfungsi untuk menyambung dua utas tali yang sama besarnya dan tidak licin.

Tiga simpul pangkal, merupakan salah satu simpul yang sering sekali digunakan untuk mengawali atau mengakhiri suatu simpul lainnya.

Baca Juga: Kalahkan yang Ada di Australia, Batu Terbesar di Dunia Ternyata Ada di Kalimantan Barat

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: bukubiruku.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah