Transaksi Dibatalkan Blibli.com Tanpa Alasan Jelas (Sudah Ditanggapi Blibli)

Seluruh transaksi dalam sebulan terakhir ini dibatalkan oleh blibli tanpa alasan yang jelas. Berikut transaksi-transaksinya:

  1. Transaksi pembelian di acara 10.10 tanggal 10 oktober dibatalkan setelah sekitar 15 menit transaksi berhasil dibayar. Saat diminta penjelasan melalui email dan telepon, alasan yang diberikan selalu sama: transaksi tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku. Saat itu saya memakai voucher yang didapatkan dari blibli dan mendapatkan potongan sebesar Rp 30100, dan transaksi dilakukan melalui shopback sehingga saya kehilangan potensi cashback sebesar 1 juta.
  2. Transaksi pembelian di acara 11.11 di tanggal 11 oktober melalui shopback:
    1. 4x transaksi pembelian ban hankook dibatalkan dan ketika ditanyakan melalui telepon, yang saya lakukan selama 18 menit, alasan yang diberikan kembali tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan tanpa berhasil memberi tahu hal spesifiknya. Di ujung pembicaraan customer care akhirnya memberi tahu kemungkinan 3 pembatalan terakhir karena cara pembayaran saya dan saya diminta untuk mengganti cara pembayaran, hal yang sama diutarakan oleh customer care melalui email. Alasan ini menurut saya mengada-ada karena pembayaran sudah melewati proses pengecekan OTP (3D Secure) Visa.
      Berikut 4 transaksi tersebut:
      1. Transaksi pertama dengan voucher dibatalkan sebelum pembayaran dilakukan, dengan alasan syarat dan ketentuan voucher yang digunakan tidak valid
      2. Transaksi ke-2, dan ke-3 dengan memakai voucher toko dan hasil perolehan dari acara ajak teman di blibli dibatalkan langsung setelah pembayaran berhasil
      3. Transaksi ke-4 tanpa memakai voucher apapun juga dibatalkan langsung setelah pembayaran berhasil
    2. 5x transaksi pembelian hp mi 10 di 2 toko yang berbeda menggunakan 2 kartu yang berbeda dibatalkan setelah proses pembayaran, yang sudah melalui verifikasi OTP visa (3D Secure). Jadi jelas masalahnya bukan pada kartu saya, karena salah satu kartu tsb akhirnya saya pakai untuk bertransaksi di tokopedia, melalui shopback juga, membeli mi 10 yang gagal saya lakukan di blibli

Saya sangat kecewa dan merasa perilaku blibli terhadap pelanggan tidak baik: dengan berkedok alasan keamanan selalu memberikan pesan yang ambigu: transaksi tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan, tanpa memberi tahu hal spesifik apa yang saya langgar. Hal ini membuat saya tidak bisa melakukan perubahan yang dibutuhkan jika memang ada yang saya langgar. Terlebih lagi, alasan meminta mencoba melakukan pembayaran dengan cara lain memojokkan saya sebagai pengguna karena saya memakai kartu yang valid, terbukti sukses melalui proses 3D Secure, dan sebelum tanggal 10 Oktober telah berhasil dipakai berkali-kali untuk melakukan transaksi di blibli. 

Dari pengalaman ini saya simpulkan blibli memandang pengguna sebagai penipu, orang yang tidak bisa dipercaya, ataupun bodoh; blibli juga tidak berniat bekerja sama dengan pengguna untuk menyelesaikan masalah dan hanya menyalahkan pengguna. Selamat blibli, kalian baru saja kehilangan pengguna setia.

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x