Kementerian Kominfo dan BUMN Kembangkan Aplikasi Nasional Lacak Penularan Covid-19

- 29 Maret 2020, 15:05 WIB
Menteri komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate /Kemkominfo

 Mantrasukabumi.com - Makin meningkatnya penyebaran virus corona di tanah air, membuat berbagai pihak melakukan upaya sistemik untuk pencegahannya.

Selain sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus corona, hal ini pun sesuai arahan pemerintah agar masyarakat mengurangi mobilitasnya di luar rumah.

Kementerian Kominfo dan Kementerian BUMN saat ini telah mengembangkan aplikasi untuk tracing, tracking dan fencing untuk menanggulangi dan mencegah pandemi Covid-19.

Aplikasi tersebut nantinya akan membantu masyarakat untuk saling menjaga dan melindungi agar penularan Covid-19 bisa dihentikan.

Dibuat oleh anak negeri, aplikasi ini didedikasikan untuk negara dalam menghadapi darurat dan keadaan luar biasa nasional dan global.

Aplikasi ini dimaksudkan untuk melindungi baik pasien positif, ODP, PDP, suspect maupun masyarakat luas, sebagaiman dikutip PORTAL JEMBER dari laman resmi Kominfo.

Oleh karena itu, aplikasi saat ini terus dikembangkan agar bisa di-install tidak hanya pasien positif, ODP, PDP dan suspect tapi oleh seluruh masyarakat melalui smartphone.

Sebelumnya ada aplikasi sejenis, TraceTogether, yang dirancang oleh putra-putri Indonesia. Meskipun ada kesamaan fungsi tapi aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Kominfo dan KemenBUMN ini memiliki konfigurasi yang berbeda.

Mengingat infrastruktur dan ekosistem telekomunikasi kita yang berbeda dengan subscriber  hampir 300 jutaan MSISDN.  Di samping itu fiturnya juga lebih banyak misalnya akan dikembangkan fitur fencing dan warning.

Halaman:

Editor: Abdullah Mu'min

Sumber: portaljember.pikiran-rakyat.com


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X