Teten Masduki Sebut UMKM Akan Ambruk Ditelan Zaman walau Tanpa Ikuti Arus Digitalisasi

- 2 Desember 2020, 10:25 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki /Youtube Sinar Mas

MANTRA SUKABUMI - Pemerintah mengidentifikasi perkembangan ekonomi digital di Indonesia akan terus menunjukkan tren positif seiring dengan peningkatan pengguna internet yang cukup signifikan.

Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi penggunaan internet pada 2019 mencapai 196,71 juta dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 266,1 juta orang, atau tumbuh 8,9 persen dari 2018.

Jumlah pengguna internet diyakini akan terus bertambah di masa mendatang. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan melihat fenomena digitalisasi menjadi pintu masuk bagi pelaku UMKM dan koperasi untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dalam hal proses produksi hingga pemasaran.

Baca Juga: Wajib Dicoba, 3 Minuman Berbahan Alami Ini Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Baca Juga: Kenali, 6 Skincare untuk Pemula yang Harus Diketahui agar Perawatan Kulit Sehat dan Cerah

Baca Juga: ShopeePay Terima Penghargaan Marketeers Youth Choice: Brands of the Year 2020

"Sebab tanpa mengikuti arus digitalisasi, UMKM akan ambruk ditelan zaman. Transformasi Koperasi dan UMKM kearah ekonomi digital menjadi keniscayaan," kata Teten dalam Webinar Kanwil BI Provinsi Kalimantan Timur dengan tema AKSI UMKM 4.0–Akselerasi dan Sinergi Digitalisasi, dikutip mantrasukabumi.com dari siaran resminya, Rabu, 2 Desember 2020.

Teten berpendapat, tantangan terbesar yang dihadapi Indonesia saat ini adalah minimnya koperasi yang memanfaatkan ekosistem digital.

Dalam mengelola koperasi, kata Teten, baru sekitar 906 koperasi atau hanya 0,73 persen dari jumlah koperasi aktif yang sudah memiliki alamat website.

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x