Tahap 2 BLT UMKM atau Banpres BPUM Rp1,2 Juta Cair Agustus, Cara Cek Penerima di eform BRI

- 2 Agustus 2021, 21:13 WIB
Tahap 2 BLT UMKM atau Banpres BPUM Rp1,2 Juta Cair Agustus, Cara Cek Penerima di Eform BRI
Tahap 2 BLT UMKM atau Banpres BPUM Rp1,2 Juta Cair Agustus, Cara Cek Penerima di Eform BRI /Bi.go.id/

MANTRA SUKABUMI – Tahap 2 BLT UMKM atau Banpres BPUM Rp1,2 juta cair Agustus, berikut cara cek penerima di Eform BRI.
 
Pencairan Tahap 2 BLT UMKM atau Banpres BPUM ini masuk pencairan periode kedua setelah pada periode pertama di bulan Juli kemarin.
 
Tahap 2 BLT UMKM atau Banpres BPUM Rp1,2 juta cair Agustus akan menyasar kepada 1 juta pelaku usaha mikro.

Baca Juga: Sea Group, Shopee dan Garena Sumbangkan 1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Vaksin untuk Kemenkes
 
Tahap 2 BLT UMKM atau Banpres BPUM Rp1,2 juta ini akan dicairkan melalui bank BRI dan BNI, sebagai penyalur resmi yang ditunjuk oleh Kemenkop.
 
Untuk itu pelaku usaha bisa melakukan cek penerima Tahap 2 BLT UMKM atau Banpres BPUM di eform BRI dan Banpres BNI.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengumumkannya pada Jumat, 30 Juli 2021, terkait pencairan Tahap 2 BLT UMKM atau Banpres BPUM bulan Agustus,.
 
Kepastian mengenai pencairan Tahap 2 BLT UMKM atau Banpres BPUM bulan Agustus disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi dalam siaran persnya di kanal YouTube Sekretariat Presiden.
 
Terkait pencairan BLT UMKM Tahap 2 ini akan dilakukan tiga kali cair yaitu pada bulan Juli, Agustus, dan September 2021.
 
Pencairan BLT UMKM Tahap 2 ini sudah memasuki pencairan kedua  dan pencairan pertama sudah dilakukan pada bulan Juli lalu.
 
Tidak hanya itu Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pencairan BLT UMKM Tahap 2 atau Banpres BPUM dengan anggaran 15,3 triliun, untuk 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil.

Baca Juga: Pemerintah Siap Gelontorkan Dana BLT UMKM Sebesar Rp15,3 Triliun, Cek Penerimanya
 
"Tahun 2021 yang akan dibagikan untuk banpres produktif ini adalah Rp15,3 triliun yang dibagikan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil. Jadi bukan hanya Bapak Ibu semuanya, nggak, ada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil yang ada di seluruh tanah air," ujar Jokowi, seperti dilihat mantrasukabumi.com dari video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Senin, 2 Agustus 2021.
 
Pencairan BLT UMKM Tahap 2 bulan Agustus 2021, pelaku usaha bisa segera lakukan cek penerima di link eform.bri.co.id dan banprespum.id.
 
Untuk pencairan BLT UMKM Tahap 2 bulan Agustus terdapat satu juta pelaku usaha mikro yang akan terima Banpres BPUM Rp1,2 juta.
 
Kedua link ini merupakan akses yang disediakan oleh BRI dan BNI untuk melakukan cek penerima BLT UMKM Tahap 2 atau Banpres BPUM Rp1,2 juta.
 
Baik BRI dan BNI ini merupakan penyalur resmi yang ditunjuk oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), untuk memberikan bantuan BLT UMKM Tahap 2.
 
Untuk pencairan bantuan modal usaha ini akan diberikan kepada tiga juta pelaku usaha mikro dan akan menerima BLT UMKM Tahap 2 Rp1,2 juta, secara bertahap sebanyak tiga kali adapun rinciannya sebagai berikut:
 
- Ada 1,5 juta pelaku usaha mikro akan terima BLT UMKM Tahap 2 Rp1,2 juta pada bulan Juli 2021,
 
- Ada 1 juta pelaku usaha mikro akan terima BLT UMKM Tahap 2 Rp1,2 juta pada bulan Agustus 2021,
 
- Ada  500 Ribu pelaku usaha mikro yang akan terima BLT UMKM Tahap 2 Rp1,2 juta pada bulan September 2021.

Baca Juga: BLT UMKM akan Cair Agustus 2021, Segera Cek di eform.bri.co.id atau banpresbpum.id
 
Untuk itu pelaku usaha mikro bisa melakukan cek penerima BLT UMKM Tahap 2 Rp1,2 juta yang akan cair pada bulan Agustus melalui link akses yang telah disediakan oleh bank penyalur.
 
Sebagaimanan dikutip mantrasukabumi.com dari Instagram @kemenkopUKM, pada Selasa, 2 Agustus 2021, cara cek penerima BLT UMKM Tahap 2 Rp1,2 juta  secara online di link eform.bri.co.id:
 
- Masuk ke link online eform.bri.co.id,
 
- Masukkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK KTP,
 
- Klik 'Proses Inquiry',
 
- Akan muncul keterangan apakah pelaku UMKM mendapatkan bantuan atau tidak yang disalurkan melalui BRI.
 
Pelaku UMKM yang tidak terdaftar di daftar penerima BLT UMKM Tahap 2 Rp1,2 juta di BRI yang di akses melalui link eform.bri.co.id, dapat melakukan cek di link banprespum.id untuk bank BNI.
 
Berikut adalah cara cek penerima BLT UMKM Tahap 2 Rp1,2 juta di bank BNI:
 
- Masuk ke link online banpresbpum.id,
 
- Masukkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK KTP,
 
- Klik 'CARI',
 
- Akan muncul keterangan apakah pelaku UMKM mendapatkan bantuan atau tidak yang disalurkan melalui BNI.

Baca Juga: Cara Daftar Bansos BLT UMKM 2021 Tahap 3 Beserta Link Cek Penerima Banpres Rp1,2 Juta Secara Online
 
BLT UMKM Tahap 2 Rp1,2 juta, diharapkan bisa membantu pelaku UMKM agar dapat bertahan meski di tengah pandemi Covid-19 dan sebagai bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).
 
Sekedar informasi untuk pengambilan dana BLT Banpres BPUM Tahap 2 Rp1,2 juta dapat dilakukan secara langsung melalui teller bank atau pengambilan melalui ATM bank penyalur terdekat setelah melakukan verifikasi data penerima di kantor bank terdekat.
 
Itulah cara cek penerima BLT UMKM Tahap 2 Rp1,2 juta di link eform.bri.co.id atau banprespum.id yang cair pada bulan Agustus 2021.***

Editor: Robi Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x