Pemerintah Resmi Perpanjang PPKM Level 4 BPUM Tahap 2 Rp1,2 Juta Cair Agustus, Segera Cek Nama Anda

- 3 Agustus 2021, 07:35 WIB
Cara Cepat Cek Penerima Banpres BPUM atau BLT UMKM Tahap 3 Via eform.bri.co.id, Bisa melalui HP Ini Caranya
Cara Cepat Cek Penerima Banpres BPUM atau BLT UMKM Tahap 3 Via eform.bri.co.id, Bisa melalui HP Ini Caranya /eform.bri.co.id/bpum//

MANTRA SUKABUMI - Pemerintah telah mencairkan Bantuan Produktif Usaha Mikro atau BPUM UMKM seiring dengan dilaksanakannya PPKM Level 4 yang diperpanjang sampai 9 Agustus 2021.

3 juta pelaku usaha mikro menjadi sasaran pencairan BPUM UMKM yang cair pada Juli hingga September 2021 yang merupakan penerima baru dalam database.

Besaran bantuan BPUM atau BLT UMKM tahap 2 yang cair pada Juli ini sebesar Rp 1,2 juta. Pencairan akan berlangsung hingga September 2021 mendatang.

Baca Juga: Sea Group, Shopee dan Garena Sumbangkan 1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Vaksin untuk Kemenkes

Masyarakat pelaku usaha mikro dapat cek daftar penerima melalui dua link yang disediakan.

Simak cara cek penerima BPUM UMKM BRI dan BNI tahap 3 atau 2 yang cair Agustus 2021 di link eform.bri.co.id atau banpresbpum.id.

Seperti diketahui, bagi UMKM yang ingin mendapatkan BPUM UMKM tersebut, dapat mendaftar dan mengajukan usahanya ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah di Kabupaten/Kota masing-masing.

Saat ini, penyaluran BLT UMKM dilakukan melalui dua bank, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Cara cek BLT UMKM lewat BRI

Sedangkan untuk mengecek apakah terdaftar sebagai penerima BPUM atau BLT UMKM Rp 1,2 juta di BRI bisa mengakses eform.bri.co.id/bpum adalah sebagai berikut.

Buka laman https://eform.bri.co.id/bpum

Masukkan NIK

Masukkan kode verifikasi yang tertera di layar

Klik 'Proses Inquiry'

Akan muncul pemberitahuan terdaftar atau tidak sebagai penerima BPUM 2021

Baca Juga: Dana BLT UMKM Rp15,3 Triliun Siap Disalurkan ke Pelaku UMKM

Pelaku UMKM yang terdaftar sebagai penerima dapat mencairkan BLT UMKM dengan mendatangi kantor cabang BRI, dan membawa sejumlah dokumen berikut:

Buku tabungan

Kartu ATM dan identitas diri

Surat Pernyataan

Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), dan/kuasa penerimaan dana Banpres

Cara cek BLT UMKM lewat BNI

Masyarakat yang ingin mengecek apakah terdaftar sebagai penerima BPUM UMKM di BNI bisa mengakses laman banpresbpum.id. Berikut panduannya:

Buka https://banpresbpum.id

Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Klik Cari

Akan muncul pemberitahuan terdaftar atau tidak sebagai penerima BPUM 2021

Baca Juga: Tahap 2 BLT UMKM atau Banpres BPUM Rp1,2 Juta Cair Agustus, Cara Cek Penerima di eform BRI

Pelaku UMKM yang terdaftar sebagai penerima, dapat mencairkan BLT UMKM dengan mendatangi kantor cabang BNI dan menandatangani serta menyampaikan SPTJM (surat pernyataan tanggung jawab mutlak).

Syarat lain yang juga harus dibawa saat pencairan bantuan adalah e-KTP, Kartu ATM, dan buku tabungan. Setelah seluruh syarat pencairan terpenuhi, penerima bantuan dapat mencairkan dana BPUM melalui ATM BNI, ATM Link, ATM Bank Lain, Agen46, atau kantor cabang BNI terdekat.

Itulah informasi mengenai kategori penerima BLT UMKM, serta cara cek penerima BPUM atau BLT UMKM tahap 3 atau tahap 2 dengan akses link resmi BRI eform.bri.co.id dan BNI banpresbpum.id.***

Editor: Robi Maulana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x