Ekonom Unpad: BLT Bantuan Modal Lebih Efektif ketimbang Kartu Prakerja

- 29 April 2020, 13:44 WIB
Kartu pra kerja bisa diakses hari ini.
Kartu pra kerja bisa diakses hari ini. //prakerja.go.id

MANTRA SUKABUMI -  Pandemi covid-19 yang makin sulit dihentikan, membuat pemerintah melakukan program pemberdayaan agar masyarakat tidak mengalami dampak signifikan dalam kehidupannya.

Dalam hal ini pemerintah telah mengumumkan program kartu para kerja untuk peningkatan sumber daya manusia yang dirilis secara resmi 20 Maret 2020.

Program ini diarahkan bagi pekerja yang dirumahkan dan yang terkena PHK, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan sumber pekerjaan.

Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya yang terdampak sosial ekonomi akibat pandemi covid-19.

Pemerintah telah merencanakan sampai akhir 2020, akan ada 30 gelombang pendaftaran dengan kuota peserta sebanyak 5,6 juta orang.

Namun program kartu kerja ini menurut Ekonom dari Universitas Padjadjaran Kurniawan Saefullah, implementasi konsep kartu prakerja dengan RuangGuru sebetulnya tidak urgen.

Baca Juga: Jumlah Kematian Berkali Lipat, Media Asing Tuding Indonesia Palsukan Data COVID-19

Kegiatan tersebut bisa dikerjakan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan balai diklat yang ada di seluruh Indonesia.

“Gunakan uangnya tunjangan sosial seperti BLT atau bantuan modal melalui Kementerian Koperasi dan UMKM bahkan termasuk untuk men-support guru-guru hingga di pelosok daerah. Jangan lupa bahwa saat anak bersekolah di rumah, ada pekerjaan guru yang kemudian perlu diperhatikan terutama guru guru honorer dan sukarela,” katanya, 28 April 2020.

Halaman:

Editor: Abdullah Mu'min

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah