Eksportir makanan AS Tandatangani Deklarasi Keselamatan Sebagai Pengganti Jaminan Bebas Virus

- 27 Juni 2020, 08:07 WIB
Ilustrasi makanan
Ilustrasi makanan //* NU Online

MANTRA SUKABUMI -  Eksportir makanan dan pakan Amerika Serikat yang biasa melakukan Pengiriman barang ke China menandatangani deklarasi keselamatan sebagai jaminan pengiriman bebas virus sebagaimana yang diminta oleh otoritas Cina, pada hari Jumat (26/06/2020).

Pernyataan komitmen yang disusun oleh Koalisi Transportasi Pertanian (AgTC), bermaksud sekedar untuk meyakinkan bahwa importir telah memproses sesuai dengan standar keselamatan industri dan pedoman dari para ahli medis.

Langkah  tersebut dilakukan setelah otoritas pabean China pekan lalu meminta eksportir makanan ke Negara itu untuk menandatangani deklarasi resmi bahwa produk mereka tidak terkontaminasi oleh coronavirus Covid-19.

Baca Juga: Mengharukan, 107 Orang Tewas dalam Sehari Akibat Sambaran Petir yang Menghantam India

Sebagaimana  dikutip mantrasukabumi.com dari  laman web reuters (27/6), Tuntutan China untuk jaminan bebas virus telah mengguncang sektor pangan dan pertanian AS dan menyebabkan beberapa pengirim barang hampir meninggalkan transaksi perdagangan China.

“Anda tidak menandatangani nama Anda untuk jaminan bahwa mereka tidak memiliki virus corona. Tidak ada yang bisa melakukan itu. Coronavirus tidak hidup dari makanan atau tanaman, ”kata Peter Friedmann, direktur eksekutif AgTC, yang mewakili sebagian besar pengekspor produk pertanian AS dalam wadah pengiriman.

Baca Juga: Harga Emas Terbaru di Pegadaian Hari Ini, Sabtu (27/6/2020), Antam, Antam Retro, dan UBS

Baca Juga: Trending di YouTube, Berikut Lirik Lagu How You Like That BLACKPINK dan Arti dalam Bahasa Indonesia

“Eksportir tidak menjamin bahwa kargo akan tetap bebas dari virus setelah meninggalkan fasilitas mereka“, kata Friedmann.

Halaman:

Editor: Abdullah Mu'min

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x