Jangan Sampai Terlewat! Cek Data Terbaru Penerima Bansos Sembako atau BPNT yang Cair Periode Januari 2023

- 3 Januari 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi - Jangan Sampai Terlewat! Cek Data Terbaru Penerima Bansos Sembako atau BPNT yang Cair Periode Januari 2023
Ilustrasi - Jangan Sampai Terlewat! Cek Data Terbaru Penerima Bansos Sembako atau BPNT yang Cair Periode Januari 2023 /Tangkap layar Instagram.com/@bank_indonesia

MANTRA SUKABUMI - Berikut informasi penting terkait kapan tanggal resmi penyaluran BPNT atau bantuan sembako untuk periode Januari 2023.

Diketahui, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Bansos Sembako merupakan salah satu bansos reguler dari Kemensos yang dicairkan sepanjang tahun, seperti PKH dan PBI BPJS Kesehatan.

Berdasarkan keterangan resmi dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, program BPNT ini resmi dilanjutkan pada periode 2023.

Baca Juga: PKH Tahap 1 Januari 2023 Segera Cair, Cek Daftar Nama Penerima Bansos secara Online Disini

Dilansir mantrasukabumi.com laman resmi Kemenkeu pada Selasa, 3 Januari 2022, Sri Mulyani menyampaikan bahwa anggaran perlindungan sosial (perlinsos) pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2023 direncanakan sebesar Rp479,1 triliun yang dialokasikan melalui berbagai program.

Di antaranya melalui Kemensos dalam bentuk Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dan Program Kartu Sembako bagi 18,8 juta KPM.

Dengan kata lain, bansos sembako 2023 akan disalurkan oleh Pemerintah kepada 18,8 juta penerima. Namun ada ketentuan dan kriteria khusus yang bisa mendapat bantuan ini.

Lalu, kapan pencairan BPNT periode Januari 2023?

Mengacu pada jadwal dan skema penyalurannya, bansos BPNT telah cair sejak pandemi Covid-19 dan cair setiap bulan atau dirapel 3 bulan sekali.

Hal ini merujuk pada pada pola pencairan bansos BPNT sembako pada tahun sebelumnya, bansos ini diprediksi akan disalurkan mulai Januari 2023.

Baca Juga: Cek via HP, Cairkan BSU Rp600 Ribu Desember 2022 Segera di Kantor Pos, Cukup Bawa KTP Bansos Langsung Cair

Jika tidak ada perubahan terkait skema penyaluran dan jumlah Bansos, maka BPNT Januari 2023 cair sebesar Rp200.000 per KPM melalui Kantor Pos.

Adapun masyarakat yang memenuhi 5 kriteria atau syarat sebagai calon penerima Bansos sembako atau BPNT dari Kemensos diantaranya:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Tergolong masyarakat miskin atau rentan miskin

3. Bukan Pejabat Negara/ASN

4. Bukan sebagai Anggota Polri atau Prajurit TNI

5. Terdaftar di DTKS Kemensos dan cekbansos.kemensos.go.id sebagai penerima PKH dan BPNT/Sembako

Nah, 5 kriteria yang telah disebutkan diatas dipastikan dapat mengambil Bansos sembako atau BPNT dengan menunjukkan NIK KTP.

Apabila merasa telah memenuhi 5 kriteria sebagai calon penerima bansos sembako tersebut, segera cek nama di cekbansos.kemensos.go.id secara berkala hingga akhir Januari 2023.

Demikianlah informasi terkait cek data terbaru penerima BPNT atau bantuan sembako periode Januari 2023.***

Editor: Andi syahidan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x