Harga Emas Terus Naik, Ini Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

- 3 Agustus 2020, 07:54 WIB
perbedaan harga emas antam dan emas cukim
perbedaan harga emas antam dan emas cukim /Popi Siti Sopiah/

MANTRA SUKABUMI - Saat ini harga emas mengalami tren kenaikan cukup tinggi, bahkan mencapai harga tertinggi dalam sejarah. Hal tersebut tentu saja membuat keinginan investasi kita tinggi.

Namun jangan salah, kita harus hati-hati dalam memilih dan membedakan mana emas yang asli dan mana emas yang palsu. Apalagi jika digunakan untuk investasi.

Sebetulnya, susah-susah gampang untuk bisa membedakan antara emas yang asli dengan palsu. Apalagi jika Anda memang masih belum pernah memiliki atau bahkan membeli emas sebelumnya. Bisa-bisa semua yang berwana kuning keemasan dan mengkilap dianggap sebagai emas asli.

Baca Juga: Harga Emas di Pegadaian Hari Ini, Senin 3 Agustus 2020, Antam, Antam Retro, dan UBS

Baca Juga: Jadwal Trans7 Hari ini Senin 3 Agustus 2020, Jangan Lewatkan Keseruan Film Favorit Anda Tiap Hari

Dilansir dari situs logammulia.com begini cara membedakan emas asli dan palsu:

Perhatikan dengan baik bagian fisik dari emas tersebut
Perbedaan antara emas asli dan emas palsu bisa dilihat dari fisiknya. Anda bisa lihat tanda–tanda khusus yang biasanya ada di emas murni atau emas batangan. Misalnya saja ada cap yang menandakan kadar emas tersebut. Umumnya menggunakan satuan fineness, tetapi lazimnya dikenal dengan menggunakan satuan karat dalam angka mulai dari 10K, 18K, dan 24K.

Jika digosok apa warnanya berubah?
Silakan Anda coba pegang dengan baik emas yang Anda beli tersebut, kemudian coba gosok permukaan emasnya menggunakan telapak tangan atau telunjuk Anda. Jika setelah digosok warnanya jadi pudar dan tidak seragam, bisa dipastikan itu adalah emas palsu, begitu pun sebaliknya.

Baca Juga: Ini Doa Untuk Orangtua yang Telah Meninggal, Lengkap dengan Latin dan Terjemah

Halaman:

Editor: Abdullah Mu'min


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x