Contribution Margin terhadap Perencanaan Penjualan

- 17 Mei 2023, 10:18 WIB
Contribution Margin terhadap Perencanaan Penjualan
Contribution Margin terhadap Perencanaan Penjualan /Unplash

MANTRA SUKABUMI - Contribution Margin adalah salah satu indikator penting dalam analisis biaya-volume-laba yang mengukur seberapa besar kontribusi penjualan terhadap laba operasi perusahaan. Contribution Margin dapat dihitung dengan cara mengurangi biaya variabel dari pendapatan.

Biaya variabel adalah biaya yang berubah seiring dengan perubahan volume produksi atau penjualan, seperti bahan baku, tenaga kerja langsung, dan komisi penjualan.

Contribution Margin menunjukkan seberapa efisien perusahaan dalam mengelola biaya variabelnya dan seberapa besar margin yang tersedia untuk menutup biaya tetap dan memberikan laba. Contribution Margin juga dapat dihitung per unit produk atau dalam bentuk rasio.

Baca Juga: Cara Mengelola Keuangan Pribadi dengan Aplikasi Finansial

Contribution margin juga dapat membantu perusahaan dalam merencanakan penjualan yang optimal untuk mencapai target laba tertentu.

Salah satu cara untuk menggunakan contribution margin dalam perencanaan penjualan adalah dengan menghitung break-even point, yaitu titik di mana pendapatan penjualan sama dengan total biaya.

Break-even point dapat dihitung dengan rumus:

Break-even point (unit) = Total biaya tetap / Contribution margin per unit

Break-even point (rupiah) = Total biaya tetap / Contribution margin ratio

Dengan mengetahui break-even point, perusahaan dapat menentukan jumlah minimum penjualan yang harus dicapai untuk tidak rugi. Jika perusahaan ingin mendapatkan laba, maka penjualan harus melebihi break-even point.

Baca Juga: Tata Cara Membayar Fidyah Ibu Hamil dan Ibu Menyusui dengan Uang, Cek Besarannya Disini

Halaman:

Editor: Andi syahidan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x