Dokter Kebingungan dengan Kelahiran Bayi Tanpa Kaki dan Tangan yang Sebelumnya dalam Keadaan Normal

- 29 Juni 2020, 11:00 WIB
Ilustrasi bayi menangis. /*

MANTRA SUKABUMI - Dokter di Madhya Pradesh India merasakan kaget yang amat sangat pada seorang bayi perempuan yang lahir tanpa kedua tangan dan kedua kaki.

Pasalnya sebelum bayi lahir, hasil dari pemeriksaan ketika di dalam rahim sang ibu benar-benar berada dalam kondisi normal.

Namun, begitu lahir berbeda dengan apa yang telah diduganya, hal tersebut membuat dokter merasa kebingungan dengan apa yang terjadi.

 Baca Juga: Pasangan Unik telah Nikah 10 Tahun, Tak Sadar Jika Istrinya itu Seorang Pria Usai Periksa Kehamilan

Diketahui, bayi perempuan tersebut yang lahir dari keluarga di Desa Sakla, Sironj Tehsil di Vidisha yang dilahirkan dengan kelainan langka tersebut, seperti dikutip dari dari situs Daily Star.

Kelainan langka tersebut dikenal sebagai kelainan kongenital resesif autosomal atau Tetra-Amelia, yang ditandai dengan kondisi tidak memiliki dua tangan dan kaki.

Sindrom Tetra-Amelia adalah kelainan genetik yang disebabkan oleh mutasi pada gen WNT3 (Wnt Family Member 3) dan hal ini sangat jarang terjadi.

 Baca Juga: Pasangan Unik telah Nikah 10 Tahun, Tak Sadar Jika Istrinya itu Seorang Pria Usai Periksa Kehamilan

Sindrom ini menyerang satu dari 100.000 bayi yang baru lahir. Dr. Prabhakar Tiwari, seorang dokter anak di Bhopal CMHO (Chief Medical & Health Officer), mengatakan ini adalah kasus pertama yang pernah dilihatnya.

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X