AS Puji Indonesia Atas Tindakan Kemanusiaan Terhadap Pengungsi Rohingya

- 11 Juli 2020, 09:11 WIB
Solidaritas Warga Aceh Atas Nama Kemanusiaan, Selamatkan 100 Pengungsi Rohingya /Pikiran Rakyat/RAHMAD

MANTRA SUKABUMI - Pertolongan yang dilakukan pemerintah Indonesia dan otoritas setempat di Aceh terhadap pengungsi Rohingya mendapatkan apresiasi dari Amerika Serikat.

Pasalnya kedatangan 99 pengungsi Rohingya pada 24 Juni 2020 telah direspon dengan baik oleh otoritas setempat.

Ungkapan baik dari Amerika Serikat terkait tindakan kemanusiaan terhadap pengungsi Rohingya disampaikan Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS.

Baca Juga: Ingin Jalani Program Diet, Berikut Tips Sederhana Sehat Alami Tanpa Obat

“Kami menghargai tindakan kemanusiaan Indonesia sehubungan dengan populasi rentan ini dan karena telah berperan sebagai pemimpin di dalam ASEAN terkait isu yang mendesak ini,” ujar Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Morgan Ortagus dalam keterangan tertulis Kedubes AS di Jakarta, Jumat, sebagaimana dikutip dari laman Antaranews.com.

Respons Indonesia terhadap pengungsi Rohingya menjadi contoh kuat bagi negara-negara di kawasan dan seluruh komunitas internasional. AS juga mengakui koordinasi erat antara Indonesia dengan Badan PBB untuk urusan pengungsi (UNHCR) serta Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

AS mendorong pembagian tanggung jawab dan kerja sama regional dalam operasi pencarian dan penyelamatan, serta pendaratan yang aman dan manusiawi bagi para pengungsi yang paling rentan yang tiba di pantai negara-negara ASEAN, terutama selama masa pandemi.

Baca Juga: Main Game Sehari 22 Jam, Bocah 15 Tahun Lumpuh dan Stroke Otak

“Pada saat yang bersamaan, kami sangat terusik akan laporan bahwa militer Myanmar telah melakukan tindakan ofensif di Kota Rathedaung, negara bagian Rakhine, yang tampaknya telah mengakibatkan ribuan orang terlantar, termasuk etnis Rakhine dan Rohingya,” kata Ortagus.

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: antaranews


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X