Khawatir Tambah Kasus Corona, Gubernur Jabar Belum Izinkan Bioskop dan Tempat Karaoke Buka Kembali

- 13 Juli 2020, 17:16 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Jabar Tahun 2020 secara virtual, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (13/7/20). (Foto: Yogi P/Humas Jabar) /

MANTRA SUKABUMI – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat mengungkapkan terkait pembukaan bioskop dan tempat karaoke atas dasar kajian gugus tugas tingkat kabupaten/ kota saat ini belum bisa dibuka atau belum diizinkan untuk beroperasi kembali.


Kang Emil menuturkan, hal tersebut mengingat penyebaran virus corona di ruangan tertutup yang tidak berventilasi sangat rentan dan cepat penularannya, karena dropletnya tidak terbawa suhu panas dari luar.


"Hasil kajian gugus tugas kota kabupaten belum mengizinkan kegiatan yang sifatnya tertutup seperti bioskop," kata Kang Emil di Makodam III Siliwangi Kota Bandung, Senin.

Baca Juga: Fakta Mengejutkan, Ilmuan Tiongkok Kabur ke AS Usai Sebut Pemerintah Tutupi Soal Covid-19

"Jadi dropletnya muter-muter disana. Kalau ada ventilasi maka dia terbawa suhu panas dari luar, maka droplet bisa hilang. Mall bisa buka tapi bisokop ditahan dulu, karoke ditahan dulu," katanya, seperti dikutip dari laman Antaranews.com.

Pihaknya juga meminta kepala daerah tingkat kabupaten/kota agar memutakhirkan data-data kasus virus corona didaerahnya masing-masing meskipun orang yang positif corona bukan warga Jabar.

"Tetap dimasukkan data. Sebagai contohnya di Secapa AD atau Pusdikpom meski orang Sulawesi. Mau orang dari mana masukkan datanya dan dihitung sebagai kasus penambahan data dan diperbaharui," kata dia.

Baca Juga: Ribuan Belalang Serang Yaman, Picu Ketakutan Para Petani Hingga Kekhawatiran akan Kerawanan Pangan

Sebelumnya jaringan bioskop di seluruh Indonesia akan kembali beroperasi mulai 29 Juli 2020, demikian Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin.

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: antaranews


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X