Apa Itu LFP? Pertanyaan Gibran yang Ditujukan ke Cak Imin saat Debat Cawapres

- 22 Januari 2024, 12:00 WIB
Simak ulasam terkait penjelasan LFP yang menjadi pertanyaan Gibran ke Cak Imin saat debat Cawapres untuk Pilpres 2024.*//./ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom
Simak ulasam terkait penjelasan LFP yang menjadi pertanyaan Gibran ke Cak Imin saat debat Cawapres untuk Pilpres 2024.*//./ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom /



MANTRA SUKABUMI - Dalam debat Pilpres ke-4 tadi malam menampilkan perdebatan menarik antara ketiga calon Wakil Presiden seputar teknologi baterai kendaraan listrik.

Calon Wakil Presiden nomor dua, Gibran Rakabuming Raka, kurang setuju dengan pendekatan baterai Nickel Manganese Cobalt (NCM) yang diyakini banyak orang.

Namun sebaliknya, Gibran mengangkat isu teknologi baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) dan menyatakan keprihatinannya terhadap promosi produk asal negeri China.

Baca Juga: Tips Mencari Perusahaan Asuransi Kendaraan yang Aman, Beri Perlindungan Optimal bagi Pemilik Kendaraan

Gibran menegaskan potensi Indonesia sebagai pemain utama pasar nikel global dengan cadangan nikel terbesar di dunia. Ia yakin akan lebih menguntungkan Indonesia jika fokus pada baterai LFP, yang tidak memerlukan nikel, serta bisa memberikan daya tawar yang lebih baik bagi negara dalam negosiasi internasional.

Di sisi lain, Cawapres nomor satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjawab pertanyaan tersebut. Ia menegaskan, kubunya bukan anti nikel namun ingin menjaga dampak dan kelestarian lingkungan.

Cak Imin mengatakan, penambangan nikel harus memberikan dampak positif bagi kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya segelintir orang saja yang merasakan dampak positif-nya.

Lantas, apa yang dimaksud dengan LFP tersebut, seperti apa karakteristik dan pengaplikasinnya?

Dalam perjalanan menuju energi terbarukan dan mobilitas berkelanjutan, teknologi baterai memegang peranan kunci. Salah satu terobosan terbaru dalam dunia baterai adalah Lithium Ferro Phosphate (LFP).

LFP merupakan sebuah jenis baterai yang menawarkan sejumlah keunggulan, termasuk keamanan yang tinggi, umur siklus yang panjang, dan efisiensi energi.

Baca Juga: Mudah Cepat Untung! Panduan Lengkap Daftar dan Manfaatkan GoBiz untuk Usaha Anda

Struktur, Karakteristik, dan Aplikasi Potensial dari LFP

1. Struktur dan Komposisi LFP

LFP, atau Lithium Ferro Phosphate, memiliki struktur kristal yang unik dengan senyawa kimia LiFePO4 sebagai katoda. Struktur ini memberikan kestabilan termal dan keamanan yang tinggi pada baterai, menjadikannya pilihan yang menarik dalam berbagai aplikasi.

2. Keamanan dan Stabilitas Termal Tinggi

Keamanan tinggi adalah salah satu ciri khas utama LFP. Baterai ini mampu menahan perubahan suhu ekstrem dan tekanan internal yang dapat terjadi selama siklus pengisian dan pengosongan.

Hal ini membuat LFP sangat cocok untuk aplikasi yang memerlukan tingkat keamanan yang tinggi, seperti kendaraan listrik dan penyimpanan energi rumah tangga.

3. Umur Siklus yang Panjang

Baterai LFP memiliki umur siklus yang panjang, yang berarti dapat digunakan dan diisi ulang berkali-kali tanpa pengurangan signifikan dalam kinerja.

Halaman:

Editor: Encep Faiz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah