18,8 Juta KPM Dapat BPNT yang Cair Bulan Juli, Berikut 3 Golongan yang akan Mendapatkannya

- 9 Juli 2021, 06:55 WIB
Ilustrasi: 18,8 Juta KPM Dapat BPNT yang Cair Bulan Juli, Berikut 3 Golongan yang akan Mendapatkannya.
Ilustrasi: 18,8 Juta KPM Dapat BPNT yang Cair Bulan Juli, Berikut 3 Golongan yang akan Mendapatkannya. /*/ANTARA//M. Ali Wafa

MANTRA SUKABUMI - Salah satu bantuan yang akan segera dicairkan dimasa PPKM Darurat ini adalah Bansos Sembako atau BPNT.

Pada Juli 2021 Bantuan Pangan Non-Tunai dipastikan cair kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Menteri Sosial Tri Rismaharani memastikan akan terus memperkuat validitas dan akurasi data kemiskinan sehingga akan semakin meningkatkan ketepatan sasaran dalam penyaluran bantuan.

Baca Juga: Mensos Risma Pastikan Bansos BPNT akan Kembali Dicairkan, Penyalurannya Berbentuk Uang

Upaya ini sebagai bentuk tindak lanjut arahan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Terlebih di masa Pemberlakuan Pembatasan Sosial (PPKM) Darurat selama tanggal 3 hingga 20 Juli 2021.

BPNT/Kartu Sembako merupakan program bansos reguler dalam rangka menurunkan angka kemiskinan. Penyaluran bantuan Kartu Sembako dilakukan secara tunai senilai Rp 200 ribu setiap bulan melalui jaringan Himbara.

Bansos ini diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan NIK yang telah valid dengan data Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil sesuai dengan amanat Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Risma mengakui, meskipun namanya 'Bansos Sembako' namun di 2021 bansos ini tidak diberikan berupa paket sembako seperti pada tahun sebelumnya, melainkan dalam bentuk uang tunai senilai Rp 200 ribu.

Pengkonversian bantuan yang semula berbentuk paket sembako ini dilatarbelakangi agar masyarakat dapat menerima bansos secara utuh dan tidak terpotong.

Halaman:

Editor: Encep Faiz

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x