BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp1 Juta Cair Bulan Juli, ini Penjelasan Menaker Ida Fauziyah dan Menkeu Sri Mulyani

- 25 Juli 2021, 11:57 WIB
BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp1 Juta Cair Bulan Juli, ini Penjelasan Menaker Ida Fauziyah dan Menkeu Sri Mulyani./
BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp1 Juta Cair Bulan Juli, ini Penjelasan Menaker Ida Fauziyah dan Menkeu Sri Mulyani./ /ANTARA/



MANTRA SUKABUMI – Bagi masyarakat terutama para karyawan atau pekerja tentu ingin mengetahui kapan BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp1 Juta segara di cairkan oleh pemerintah.

Oleh kerena itu muncul pertanyaan bahwa apakah BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp1 Juta cair bulan Juli 2021 ini?

Untuk mengetahui terkait pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp1 juta simak penjelasan lengkapnya dari kedua menteri yakni Menaker Ida Fauziyah dan Menkeu Sri Mulyani.

Baca Juga: Sea Group, Shopee dan Garena Sumbangkan 1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Vaksin untuk Kemenkes

Selama pandemi Covid-19  apalagi sekarang penerapan PPKM diperpanjang, pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp1 juta sangat diharapkan oleh Masyarakat.

Penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan oleh pemerintah melalui Kemnaker untuk Karyawan, diharapkan mampu meringankan beban masyarakat di masa pemberlakuan PPKM Level 4 dan ancaman dari pandemi Covid-19.

Akan tetapi untuk pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan Rp1 juta kapan cair, hingga saat ini belum ada kepastian mengenai kapan disalurkannya oleh Kemnaker kepada karyawan.

Meski demikian, bagi anda para karyawan jangan terlalu khawatir karena  rencana program BLT BPJS Ketenagakerjaan ini sudah diumumkan oleh dua menteri.

Adapun  keduanya yaitu Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, mereka semua telah mengumumkan terkait BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Rp1 juta.

Dalam kesempatannya Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengungkapkan, bahwa sampai saat ini BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Rp1 juta sudah masuk dalam tahap validasi.

Selanjutnya Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menjelaskan bahwa BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Rp1 juta ini akan disalurkan pada 8 juta karyawan atau buruh.

Baca Juga: BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Rp1 Juta Kapan Cair? ini Penjelasan Menaker dan Menkeu

"Jumlah ini masih berupa estimasi mengingat proses screening data yang sesuai dengan kriteria di atas masih dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan," ucap Ida Fauziyah sebagaimana dikutip mantrasukabumi.com dari kemnaker.go.id, pada Minggu, 25 Juli 2021.

Sedangkan dalam informasi yang beredar bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp8 Triliun untuk pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Rp1 juta, untuk para karyawan yang bekerja di wilayah PPKM Level 4.

Berbicara mengenai aturan Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Rp1 juta, sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker).

Dalam Permenaker  tersebut menetapkan mengenai pedoman pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi karyawan atau Buruh mengenai Penanganan Dampak Coronavirus Disease atau Covid-19 dan PPKM Tahun 2021.

BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Rp1 juta akan langsung dikirim oleh penyalur ke rekening pribadi karyawan sebagai penerima Bantuan Sosial (Bansos).

Pada kesempatannya Menteri Keuangan, Sri Mulyani menjelaskan, bahwa ada beberapa Program Bantuan Sosial yang akan disalurkan kepada Masyarakat yang mana salah satunya yaitu BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Rp1 Juta.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan bahwa pada Program BSU Subsidi Gaji/Upah ini melibatkan pihak BPJS Ketenagakerjaan, sebab pada lembaga tersebut terdapat data  penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan, dan lembaga ini juga ikut menyeleksi karyawan yang berhak mendapatkannya.

Penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan pada tahun lalu dilakukan pada bulan Agustus hingga bulan Oktober 2020 lalu.

Penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan tahun 2020 sudah terealisasi mencapai 12,9 juta penerima BSU atau 99,11 persen, dengan anggaran sebesar Rp14,7 Triliun.

Sedangkan untuk pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan di termin kedua disalurkan kepada 12,24 juta atau 98,71 persen, dengan anggaran sebesar Rp14,6 Triliun.

Apabila ditotalkan secara menyeluruh pada penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan tahun 2020 yaitu sebesar Rp29,4 Triliun atau 98,91 persen.

Akan tetapi untuk BLT BPJS Ketenagakerjaan tahun 2021 pemerintah menyampaikan akan dihentikan karena anggaran untuk bantuan ini tidak di alokaskan di APBN 2021.***

Editor: Dea Pitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x