Selain BLT BPJS Ketenagakerjaan dan BLT UMKM Tahap 2, 10 Bansos dan BLT ini akan Cair Agustus-September 2021

- 15 Agustus 2021, 15:20 WIB
Ilustrasi Selain BLT BPJS Ketenagakerjaan dan BLT UMKM Tahap 2, 10 Bansos dan BLT ini akan Cair Agustus-September 2021
Ilustrasi Selain BLT BPJS Ketenagakerjaan dan BLT UMKM Tahap 2, 10 Bansos dan BLT ini akan Cair Agustus-September 2021 /Priangantimurnews/Muhamad Romli


 
MANTRA SUKABUMI – Pemerintah akan segera mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BPJS Ketenagakerjaan dan BLT UMKM Tahap 2 pada tahun 2021.
 
Selain kedua bantuan tersebut ada 10 Bansos dan BLT yang rencananya akan disalurkan oleh Pemerintah pada bulan Agustus-September 2021.
 
Untuk seluruh Masyarakat Indonesia siap-siap saja dari bulan Agustus hingga September 2021 akan ada 10 Bansos atau BLT yang akan cair.

Baca Juga: Sea Group, Shopee dan Garena Sumbangkan 1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Vaksin untuk Kemenkes
 
10 Bansos atau BLT yang akan cair, Pemerintah berharap bisa membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 selain itu juga untuk pekerja yang terkena dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan Level 4.
 
10 bantuan yang akan cair dari Agustus hingga September 2021 ini dari Pemerintah Daerah atau Pemerintah Provinsi (Pemprov).
 
Perlu Anda ketahui bahwa dampak dari perpanjangan PPKM Level 3 dan 4 sangat berpengaruh pada sektor perekonomian yang semakin menurun bahkan ada sebagian pekerja atau pengusaha yang mengakibatkan kerugian bahkan di sektor usaha berdampak pada omzet pendapatan tidak sesuai dengan pengeluaran.
 
Untuk memulihkan dampak pandemi Covid-19, Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2020 untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), untuk itu pemerintah menyalurkan sejumlah BLT dan Bansos.
 
Dirangkum mantrasukabumi.com dari berbagai sumber pada Minggu, 15 Agustus 2021, inilah daftar BLT atau Bansos yang akan diberikan pemerintah pusat atau daerah kepada masyarakat Selama (PPKM) level 3-4, yaitu sebagai berikut:
 
1. BPNT atau Bansos Kartu Sembako
 
Program bantuan BPNT atau Kartu Sembako ini memiliki total anggaran Rp 49,89 triliun yang akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga.
 
Bantuan BPNT atau Kartu Sembako adalah Bansos yang terdiri bahan pangan seperti beras, telur, daging ayam, daging sapi, vitamin dan mineral sayuran, serta buah-buahan.
 
Bantuan BPNT ini asalnya berupa uang dengan besara Rp200.000 ribu, namun masyarakat tidak menerima uang tersebut akan tetapi akan menerima bantuan seperti yang telah disebutkan di atas dan uang tersebut dibelanjakan oleh penerima di e-warong.
 
2. Bansos Tunai (BST)
 
Bantuan sosial tunai (BST) ini telah disalurkan oleh Pemerintah pada bulan Mei, Juni dan Juli 2021 sehingga diberikan sekaligus Rp600 ribu.
 
Program bantuan BST memiliki anggaran sebesar Rp 24,54 triliun yang akan disalurkan untuk 15,9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sedangkan untuk pencairan pada bulan Juli 2021 menarget 10 juta penerima.
 
3. Diskon Listrik
 
BLT atau Bansos selanjutnya yang akan cair yaitu bantuan Diskon Listrik yang akan disalurkan sampai bulan Desember 2021 dengan total anggaran Rp9,49 triliun untuk 32,6 juta pelanggan.
 
Untuk bantuan diskon listrik ini diperpanjang sampai bulan Desember 2021 sebesar Rp7,58 triliun untuk pelanggan 450-900 VA.
 
4. Banpres BPUM UMKM Tahap 2 tahun 2021 dengan total anggaran Rp3,6 triliun untuk 3 juta peserta baru.
 
Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), menjadwalkan bahwa Banpres BPUM UMKM akan cair pada bulan Agustus 2021 dengan sasaran 1 juta UMKM.
 
Sasaran Banpres BPUM UMKM pada bulan Agustus 2021 sebanyak 1 juta pelaku usaha mikro, setelah sebelumnya pada bulan Juli lalu telah disalurkan pada 1,5 juta dan untuk bulan September dengan target 500 penerima.

Baca Juga: Cair Lagi BLT Guru Honorer atau BSU Guru dan PTK non PNS Rp1,8 Juta Tahun 2021, Cek info.gtk.kemdikbud.go.id
 
5. Program Kartu Prakerja
 
Pemerintah akan menyalurkan kembali bantuan Program Kartu Prakerja untuk Gelombang 18 serta dipastikan akan dibuka pada semester 2 tahun 2021.
 
Bagi Anda yang ingin mendapatkan info lebih lengkap terkait bantuan Program Kartu Prakerja bisa kunjungi website Kemnaker Ri atau sosial media Instagram dan Twitter.
 
6. Bansos Program Keluarga Harapan (PKH)
 
Program Keluarga Harapan atau PKH merupakan bantuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial dengan anggaran sebesar Rp 28,31 triliun, yang akan diberikan kepada 10 juta keluarga.
 
Bansos PKH ini sudah mulai disalurkan pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober 2021 dengan menggandeng penyalur yakni bank BNI, BRI, Mandiri dan BTN.
 
Untuk masyarakat yang ingin mengetahui menerima atau tidaknya Bansos PKH bisa segera cek di link cekbansos.kemensos.go.id.
 
7. BLT BPJS Ketenagakerjaan
 
Pemerintah akan menyalurkan bantuan ini untuk karyawan yang terdampak Pandemi Covid-19 dan bagi mereka yang bekerja di wilayah yang memberlakukan PPKM Level 3 dan Level 4.
 
BLT BPJS Ketenagakerjaan ini  pemerintah menargetkan sebanyak 8,73 juta karyawan dan akan menerima bantuan BSU subsidi Gaji/Upah ini pada bulan Agustus 2021.
 
Namun perlu diketahui bahwa bantuan ini tidak akan disalurkan kepada seluruh karyawan, karena bantuan ini akan diberikan kepada mereka yang telah memenuhi syarat atau ketentuan.
 
Sebagaimana dikutip mantrasukabumi.com dari laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan adapun syarat untuk mendapatkan bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan yaitu sebagai berikut ini:
 
1. Batasan maksimal gaji sebesar Rp3.500.000 dengan ketentuan pekerja/buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP atau UMK lebih besar dari Rp3.500.000 maka persyaratan gaji/upah tersebut menjadi paling banyak sebesar UMP atau UMK dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.
 
2. a. BSU diberikan kepada pekerja/buruh yang bekerja di wilayah PPKM level 3 dan level 4 (kecuali Aceh)
 
b. Diutamakan bagi pekerja/buruh yang bekerja pada sektor industri barang perdagangan dan jasa (kecuali jasa pendidikan dan kesehatan).
 
3. Dana yang diterima oleh penerima BSU sebesar Rp500.000 per bulan dan disalurkan sekaligus untuk dua bulan sebesar Rp1.000.000
 
4. Penyaluran dana BSU disalurkan melalui 4 Bank HIMBARA, yakni BRI, BNI, dan Mandiri. Khusus provinsi Aceh menggunakan Bank Syariah Indonesia (BSI).
 
8. BLT Dana Desa
 
Bantuan Langsung Tunai atau BLT Dana Desa ini bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) yang diberikan oleh Kemendes.

Baca Juga: Cair Lagi BLT Guru Honorer atau BSU Guru dan PTK non PNS Rp1,8 Juta Tahun 2021, Cek info.gtk.kemdikbud.go.id
 
BLT Desa dengan anggaran Rp28,8 triliun yang disalurkan untuk 8 juta keluarga, adapun besaran BLT Dana Desa yaitu Rp300 ribu per bulan.
 
9. Program Bantuan Beras Bulog
 
Program bantuan  beras Bulog merupakan salah satu bantuan yang disalurkan oleh Kementerian Sosial yang dipercayakan kepada Perum Bulog selama PPKM Tahap 2.
 
Program Bantuan Beras Bulog dengan total anggaran Rp3,58 triliun untuk  28,8 juta keluarga dengan rincian penyaluran Tahap 1 sebanyak 20 Juta KPM, dan untuk Tahap 2 yakni 8,8 juta KPM, per satu KPM menerima 10 Kilogram beras.
 
10. Subsidi Kuota Internet
 
Bantuan Subsidi Kuota internet akan disalurkan sampai dengan bulan Desember 2021 dengan total anggaran Rp8,53 triliun untuk 38,1 juta siswa/mahasiswa dan tenaga pendidik.
 
Itulah 10 Bansos atau BLT yang akan cair pada Agustus- September 2021 diantaranya BPNT atau Bansos Kartu Sembako, Bansos Tunai (BST), Diskon Listrik, Banpres BPUM UMKM Tahap 2, Program Kartu Prakerja, Bansos Program Keluarga Harapan (PKH), BLT BPJS Ketenagakerjaan, BLT Dana Desa, Program Bantuan Beras Bulog, Subsidi Kuota Internet.***

Editor: Ridho Nur Hidayatulloh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x