Peringati Hari Koperasi Nasional ke-75, Pemprov Jabar Terus Perkuat Kelembagaan

- 13 Juli 2022, 15:00 WIB
Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Yerry Yanuar mendampingi kunjungan kerja Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki di Kampus IKOPIN University, Kabupaten Sumedang, Selasa (12/7/2022).
Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Yerry Yanuar mendampingi kunjungan kerja Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki di Kampus IKOPIN University, Kabupaten Sumedang, Selasa (12/7/2022). /*/Foto: Biro Adpim Jabar

MANTRA SUKABUMI - Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional atau Harkopnas ke-75, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki lakukan kunjungan kerja di Kampus IKOPIN University, Kabupaten Sumedang, Selasa, 12 Juli 2022.

Dalam kunjungan kerja di peringatan Harkopnas 2022, Menkop UKM, Teten Masduki didampingi Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Yerry Yanuar.

Saat memberikan sambutan, Menkop UKM Teten Masduki mengungkapkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat di Indonesia untuk berkoperasi masih sangat rendah.

Baca Juga: Daftar Pangkat Polisi di Indonesia, Bharada Golongan Apa? Ini Tingkat Kepangkatan Terendah hingga Tertinggi

Atas dasar hal tersebut, menurut Teten Masduki diperlukan upaya-upaya untuk menjadikan koperasi sebagai pilihan utama masyarakat dalam mengembangkan perekonomian.

Masih menurut Teten, koperasi perlu membenahi dan memperkuat ekosistem kelembagaannya. Dengan demikian, koperasi akan mampu mengembangkan potensinya.

Selain itu, koperasi juga harus memperbaiki akuntabilitas dan tata kelola agar lebih baik lagi.

“Memang kalau dilihat dari rata-rata orang Indonesia berkoperasi ini baru 8 persen, di dunia 16 persen. Ini perlu kita terus upayakan bagaimana koperasi menjadi pilihan rasional masyarakat ketika mereka ingin berusaha,” ucap Teten.

“Yang harus dibenahi itu adalah ekosistem kelembagaan koperasi harus diperkuat supaya koperasi terus bisa mengembangkan modal bisnisnya, akuntabilitasnya juga membaik, termasuk tata kelolanya,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Encep Faiz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x