Tips Belanja Kebutuhan Lebaran Tanpa Menguras Kantong pakai Promo THR

- 8 Maret 2024, 17:29 WIB
Ilustrasi tips belanja hemat.
Ilustrasi tips belanja hemat. /*//Pinterest

MANTRA SUKABUMI - Menyambut momen Ramadan dan Lebaran yang istimewa, Anda dihadapkan pada persiapan berbagai kebutuhan dengan anggaran yang besar. Mulai dari bahan makanan praktis untuk menu sahur, menu-menu khusus untuk bersilaturahmi saat Lebaran, hingga fashion muslim dan perlengkapan ibadah. Namun dengan memanfaatkan promo THR, Anda dapat merencanakan belanja kebutuhan Ramadan dan Lebaran tanpa harus menguras kantong.

Tips Belanja Kebutuhan Lebaran Tanpa Menguras Kantong

Belanja berbagai kebutuhan untuk menyambut bulan suci Ramadan dan Lebaran biasanya membutuhkan dana yang besar. Namun, Anda bisa berhemat dengan tetap memenuhi kebutuhan tersebut menggunakan berbagai penawaran belanja tersedia seperti promo THR. Berikut ini beberapa tips cerdas yang dapat membantu Anda belanja kebutuhan Lebaran tanpa menguras kantong.

1.     Rencanakan Anggaran dengan Bijak

Langkah pertama untuk belanja tanpa menguras kantong adalah merencanakan anggaran dengan bijak. Tetapkan batas maksimal untuk setiap kategori belanja, seperti pakaian, makanan, dan dekorasi, agar Anda dapat mengontrol pengeluaran Anda. Buat juga daftar belanjaan yang memudahkan Anda membeli berbagai produk sesuai kebutuhan. Daftar belanja juga untuk menghindari pengeluaran di luar anggaran yang Anda sediakan.

2.     Prioritaskan Kebutuhan Utama

Fokus pada kebutuhan utama seperti bahan makanan, pakaian Lebaran, hingga dekorasi rumah yang benar-benar diperlukan. Untuk kebutuhan menu sahur dan berbuka selama Ramadan, Anda bisa membeli bahan makanan dan memasak sendiri di rumah. Cara ini lebih hemat dibandingkan dengan membeli makanan jadi. Begitu juga dengan hidangan lebaran, Anda bisa mulai membeli bahan-bahan kue dan membuatnya kreasi aneka kue lebaran sendiri. Hindari godaan untuk membeli barang yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

3.     Bandingkan Harga

Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk tertentu, tidak ada salahnya jika Anda mencari alternatif harga yang lebih murah. Bandingkan penawaran harga barang dari beberapa toko. Gunakan website perbandingan harga atau aplikasi seluler untuk membantu Anda menemukan penawaran terbaik dari produk yang sama.

4.     Belanja Secara Online

Belanja online tidak hanya memberikan kenyamanan tetapi juga dapat memberikan akses ke berbagai promo dan diskon. Banyak platform e-commerce menawarkan penawaran eksklusif selama periode tertentu, termasuk promo THR yang dapat membantu Anda menghemat uang belanja lebih banyak. Jelajahi situs belanja online, aplikasi, dan toko fisik untuk menemukan promo yang ditawarkan. Banyak toko memberikan diskon khusus atau penawaran paket bundling untuk merayakan momen Lebaran. Pastikan untuk memanfaatkan promo-promo ini untuk menghemat lebih banyak.

5.     Manfaatkan Program Rewards dan Membership

Jika Anda memiliki kartu keanggotaan atau program rewards di toko online tertentu, pastikan untuk menggunakannya. Diskon tambahan, cashback, atau poin reward dapat memberikan keuntungan tambahan pada setiap pembelian Anda.

6.     Pantau Flash Sale dan Event Khusus

Perhatikan flash sale atau event khusus yang diadakan oleh toko-toko online selama periode Ramadan dan Lebaran. Momen ini adalah kesempatan emas untuk mendapatkan produk dengan harga diskon yang lebih besar untuk berbagai kebutuhan tersedia.

7.     Belanja Awal

Menjelang Ramadan, harga jual berbagai produk di pasaran akan naik secara perlahan. Mulailah belanja kebutuhan Lebaran dengan cepat dan lebih awal. Usahakan untuk tidak mencicil belanjaan. Tujuannya adalah untuk menghindari lonjakan harga menjelang hari raya. Barang-barang cenderung lebih terjangkau jika dibeli jauh sebelum waktu puncak belanja Lebaran. Jangan sampai Anda mendapatkan harga berkali lipat untuk produk yang sama, karena tidak membeli sekaligus di awal.

8.     Berbagi Biaya

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk berbagi biaya dengan anggota keluarga lainnya. Bekerja sama dalam merencanakan kebutuhan Lebaran dapat membantu mengurangi anggaran secara kolektif. Anda dan seluruh anggota keluarga dapat merayakan Ramadan dan Lebaran dengan lebih hemat.

Halaman:

Editor: Encep Faiz


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x