Total Aset Gabungan Capai Rp 214 Triliun, Tiga Bank akan Merger Jadi Satu Etitas di 2021

- 18 Oktober 2020, 10:20 WIB
Ilustrasi 3 Bank Syariah Merger.
Ilustrasi 3 Bank Syariah Merger. /IAS Gatewayy//IAS Gatewayy

MANTRA SUKABUMI - Dikabarkan, tiga bank syariah milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu BNI Sariah, BRI Syariah, dan Mandiri Syariah akan digabungkan jadi satu etitas pada 2021 Mendatang. 

Keinginan Indonesia memiliki bank umum syariah nasional terbesar di tahun 2021 merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengembangkan dan menjadikan ekonomi keuangan syariah sebagai pilar baru kekuatan ekonomi nasional. 

Masing-masing aset dari bank tersebut akan digabungkan. Sehingga total penggabungan aset tersebut mencapai Rp 214 triliun. 

Baca Juga: Waktunya Cek Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini Untuk Referensi Makanan Hingga Kecantikan

Baca Juga: Presiden Jokowi Diisukan Akan Dilengserkan, Anggota Komisi 1 DPR RI Beri Tanggapan Mengejutkan

PT Bank BRI Syariah Tbk mulai beroperasi pada tanggal 17 November 2020 dengan memiliki keunggulan segmen UMKM sebanyak 75 persen.

Kemudian, PT BNK BNI Syariah mulai beroperasi pada tanggal 19 Juni 2020 dengan keunggulan segmen konsumer sebesar 51 persen.

Sementara Bank Mandiri Syariah mulai beroperasi pada tanggal 1 November 1999 dengan keunggulan segmen retail sebesar 63 persen. 

Diketahui, ketiga bank tersebut yaitu Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah telah melakukan penandatanganan Conditional Merger Agreement (CMA) Bank BUMN Syariah.

Halaman:

Editor: Emis Suhendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah