Wajib Tahu, Inilah Sejarah Sholat Sunnah Tarawih di Bulan Ramadhan dari Masa ke Masa

22 Maret 2021, 15:36 WIB
Ilustrasi kata mutiara perintah shalat untuk memperingati Isra' Mi'raj. /Freepik/rawpixel

 

MANTRA SUKABUMI - Sholat sunnah tarawih hanya ada di dalam bulan Ramadhan, tidak ada selainnya, sholat tersebut termasuk kategori sholat qiyamul lail.

Sholat Tarawih hukumnya sunnah mu'akadah, yaitu sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan, apalagi di bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah.

Sejarah mencatat bahwa sholat sunnah tarawih mengalami perkembangan dari masa ke masa, dari mulai masa Rasulullah SAW sampai ke masa kita sekarang.

Baca Juga: Pangdam IX Udayana dan Shopee Indonesia Bantu Tuntaskan Krisis Air Bersih di NTT

Baca Juga: BWF Kian Tersudut, Negara Peserta All England Ungkap Kekecewaan Tanpa Pemain Indonesia

Dikutip mantrasukabumi.com dari berbagai sumber, mengulas sejarah sholat tarawih dari masa Rasulullah SAW hingga ke masa kita sekarang, ulasan ini berdasarkan riwayat yang akan diperjelas pada bahasan selanjutnya.

1. Tarawih di masa Rasulullah SAW

Diriwayatkan oleh sayyidah ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sholat di masjid, lalu orang-orang pun mengikutiNya, keesokannya sholat lagi dan orang-orang semakin banyak,

lalu pada malam ketiga atau keempat mereka berkumpul namun Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak keluar bersama mereka, ketika pagi hari beliau bersabda:

قَدْ رَأَيْتُ الَّذِي صَنَعْتُمْ فَلَمْ يَمْنَعْنِي مِنْ الْخُرُوجِ إِلَيْكُمْ إِلَّا أَنِّي خَشِيتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ وَذَلِكَ فِي رَمَضَانَ

Artinya, “Aku melihat apa yang kalian lakukan, dan tidak ada yang mencegahku keluar menuju kalian, melainkan aku khawatir hal itu kalian anggap kewajiban.” Itu terjadi pada bulan Ramadhan. (HR. Bukhari No. 1129, Muslim No. 761)

Dari hadits tersebut ulama sepakat bahwa sholat tarawih di bulan Ramadhan hukumnya adalah sunnah, tarawih pada masa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam biasa dikerjakan 8 rakaat dan witir 3 rakaat

Hal tersebut berdasarkan riwayat sayyidah ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha, beliau berkata:

Baca Juga: Usai Tim Indonesia Didepak dari All England, Langkah Berani Jokowi Bikin Bangga Indonesia

مَا كَانَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلَا فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَة

Artinya, “Bahwa Rasulullah SAW tidak pernah menambah lebih dari sebelas rakaat sholat malam, baik pada bulan Ramadhan atau selainnya.” (HR. Bukhari No. 2013, 3569, Muslim No. 738)

Riwayat di atas diperkuat oleh Sayyidina Jabir bin Abdillah Radhiallahu ‘Anhu, beliau berkata:

جاء أبي بن كعب إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال : يا رسول الله ، إن كان مني الليلة شيء يعني في رمضان ، قال : « وما ذاك يا أبي ؟ » ، قال : نسوة في داري ، قلن : إنا لا نقرأ القرآن فنصلي بصلاتك ، قال : فصليت بهن ثمان ركعات ، ثم أوترت ، قال : فكان شبه الرضا ولم يقل شيئا

Artinya, Ubay bin Ka’ab radhiallahu’anhu datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan berkata: “Wahai Rasulullah, semalam ada peristiwa pada diri saya (yaitu pada bulan Ramadhan).”

Rasulullah bertanya: “Kejadian apa itu Ubay?”, Ubay menjawab: “Ada beberapa wanita di rumahku, mereka berkata: “Kami tidak membaca Al Quran, maka kami akan sholat bersamamu.”

Lalu Ubay berkata: “Lalu aku sholat bersama mereka sebanyak delapan rakaat, lalu aku witir,” lalu Ubay berkata: “Nampaknya Nabi ridha dan dia tidak mengatakan apa-apa.”

(HR. Abu Ya’la dalam Musnadnya No. 1801. Ibnu Hibban No. 2550, Imam Al Haitsami mengatakan: sanadnya hasan. Lihat Majma’ az Zawaid, Juz. 2, Hal. 74)

2. Tarawih pada masa sahabat

Baca Juga: Ditampar Tim Indonesia Pakai Hasil Tes Swab Negatif, Akun BWF Jadi Bulan-bulanan Netizen

Tarawih di masa sahabat Rasulullah SAW adalah 20 samapi 36 rakaat dan 3 rakaat witir. Pada masa sahabat, khususnya sejak masa khalifah Sayyidina Umar bin Al Khathab Radhilallahu ‘Anhu dan seterusnya, orang-orang saat itu melaksanakan shalat tarawih 20 rakaat.

وصح أن الناس كانوا يصلون على عهد عمر وعثمان وعلي عشرين ركعة، وهو رأي جمهور الفقهاء من الحنفية والحنابلة وداود، قال الترمذي: وأكثر أهل العلم على ما روي عن عمر وعلي وغيرهما من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم عشرين ركعة، وهو قول الثوري وابن المبارك والشافعي، وقال: هكذا أدركت الناس بمكة يصلون عشرين ركعة

Artinya, Dan telah shahih, bahwa orang-orang sholat pada masa Sayyidina Umar, Utsman, dan Ali sebanyak 20 rakaat, dan itulah pendapat jumhur (mayoritas) ahli fiqih dari kalangan Hanafi, Hambali, dan Daud.

Berkata Imam Tirmidzi: Kebanyakan ulama berpendapat seperti yang diriwayatkan dari Sayyidina Umar dan Ali, dan selain keduanya dari kalangan sahabat nabi,

yakni sebanyak 20 rakaat. Itulah pendapat Ats Tsauri, Ibnul Mubarak. Berkata Imam Asy Syafi’i: Demikianlah, aku melihat manusia di Mekkah mereka shalat 20 rakaat.” (Syaikh Sayyid Sabiq, Fiqhus Sunnah, 1/206

Imam Ibnu Hajar Rahimahullah juga pun menyebutkan hal serupa:

وَعَنْ يَزِيد بْن رُومَانَ قَالَ ” كَانَ النَّاس يَقُومُونَ فِي زَمَانِ عُمَر بِثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ ” وَرَوَى مُحَمَّد بْن نَصْر مِنْ طَرِيق عَطَاء قَالَ ” أَدْرَكْتهمْ فِي رَمَضَان يُصَلُّونَ عِشْرِينَ رَكْعَة وَثَلَاثَ رَكَعَاتِ الْوِتْر

Artinya, Dari Yazid bin Ruman, dia berkata: Dahulu orang-orang pada zaman Sayyidina Umar melaksanakan 23 rakaat.”

Baca Juga: Hasil Voting Sementara Dewa Kipas Unggul dari GM Irene, Deddy Corbuzier Terkejut dan Tak Yakin

Dan Muhammad bin Nashr meriwayatkan dari Atha’, dia berkata: Aku berjumpa dengan mereka pada bulan Ramadhan, mereka shalat 20 rakaat dan tiga rakaat witir.” (Fathul Bari, 4/253)

Beliau melanjutkan:

وَرَوَى مُحَمَّد اِبْن نَصْر مِنْ طَرِيق دَاوُدَ بْن قَيْس قَالَ ” أَدْرَكْت النَّاس فِي إِمَارَة أَبَانَ بْن عُثْمَان وَعُمْر بْن عَبْد الْعَزِيز – يَعْنِي بِالْمَدِينَةِ – يَقُومُونَ بِسِتٍّ وَثَلَاثِينَ رَكْعَةً وَيُوتِرُونَ بِثَلَاثٍ ” وَقَالَ مَالِك هُوَ الْأَمْرُ الْقَدِيمُ عِنْدَنَا . وَعَنْ الزَّعْفَرَانِيِّ عَنْ الشَّافِعِيِّ ” رَأَيْت النَّاس يَقُومُونَ بِالْمَدِينَةِ بِتِسْعٍ وَثَلَاثِينَ وَبِمَكَّة بِثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ ، وَلَيْسَ فِي شَيْء مِنْ ذَلِكَ ضِيقٌ ”

Artinya, Muhammad bin Nashr meriwayatkan dari jalur Daud bin Qais, dia berkata: Aku menjumpai orang-orang pada masa pemerintahan Aban bin Utsman dan Umar bin Abdul Aziz

yakni di Madinah- mereka shalat 39 rakaat dan ditambah witir tiga rakaat. Imam Malik berkata, Menurut saya itu adalah perkara yang sudah lama.

Dari Az Za’farani, dari Asy Syafi’i: Aku melihat manusia shalat di Madinah 39 rakaat, dan 23 di Mekkah, dan ini adalah masalah yang lapang.

Belajar dari bahasan diatas, kita dapati kesimpulan dengan kutipan hadits Rasulullah SAW. berikut ini:

عَلَيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ عَبْدًا حَبَشِيًّا وَسَتَرَوْنَ مِنْ بَعْدِيْ اخْتِلاَفاً شَدِيْدًا فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ الْمَهْدِيِّيْنَ عَضُّوْا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ وَإِيَّاكُمْ وَاْلأُمُوْرَ الْمُحْدَثَاتِ فَإِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ (رواه ابن ماجه)

Artinya, Hendaklah kamu bertakwa kepada Allah, dan mendengar serta taat (kepada pemimpin) meskipun ia seorang budak hitam. Dan kalian akan melihat perselisihan yang sangat banyak setelah aku (tiada nanti),

maka hendaklah kalian mengikuti sunnahku dan sunnah para khulafa’ rasyidin mahdiyyin (para sahabat Nabi SAW), gigitlah ia dengan gigi geraham (berpegang teguhlah padanya),

dan jauhilah perkara-perkara muhdatsat (hal-hal baru dalam agama), sesungguhnya setiap bid’ah itu kesesatan” (HR. Ibnu Majah. Hadis senada diriwayatkan pula oleh At-Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ahmad).***

Editor: Robi Maulana

Tags

Terkini

Terpopuler